Sabtu, 19 Okt 2019

Program PKH Hapus Mata Rantai Kemiskinan Disosialisasikan di Dairi

Kamis, 16 Januari 2014 11:25 WIB
SIB/Edison parulian malau
SOSIALISASIKAN PKH : Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, Julius Gurning SSos MSi (berdiri) saat memberikan arahannya kepada para peserta PKH, Jumat 910/1) di Aula Kantor Camat Sidikalang.
Sidikalang (SIB)- Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos)  Dairi, melakukan sosialisasi Program Keluarga Harapan (PKH), Jumat (10/1) di Aula Kantor Camat Sidikalang. Sosialisasi tersebut diharapkan agar masyarakat yang menjadi peserta PKH mengerti tentang  PKH.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi Julius Gurning SSos MSi dalam sambutannya mengatakan supaya peserta PKH mematuhi dan mentaati segala kewajiban seorang peserta. “Peserta program PKH adalah rumah tangga sangat miskin, yang mempunyai kriteria ibu hamil/ menyusui, bayi, balita dan anak sekolah wajib belajar sembilan tahun. Melalui Program Keluarga Harapan ibu hamil/ menyusui diwajibkan memeriksakan kesehatan terhadap fasilitas kesehatan, membawa anak bayi/ balita ke posyandu dan diharapkan ibu-ibu peserta program PKH menjadi kader pembangunan khususnya kader posyandu,” ujar Gurning.

Selain itu, untuk peserta program PKH yang memiliki anak wajib belajar sembilan tahun wajib untuk meningkatkan peran aktif siswa terhadap pendidikan. Dengan harapan ke depannya masyarakat Dairi khususnya Kecamatan Sidikalang dapat berkembang dan menjadi masyarakat yang penuh harapan dan mempunyai masa depan yang lebih baik.

“Peserta PKH Dairi tahun 2013-2014 berjumlah 1257 kepala keluarga (KK), yang terbagi pada lima kecamatan peserta PKH, Kecamatan Berampu, Sidikalang, Parbuluan, Sumbul dan Siempat Nempu Hulu. Semua ini tidak terlepas dari kerja keras  Pemkab Dairi serta dinas terkait untuk mengakomodir pelaksanaan program ini di Dairi,” tambah Gurning.

Sebelumnya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Sosial (Disnakersos) Dairi Drs Ramland Sitohang, mengatakan program tersebut adalah program unggulan dan program lintas sektor yang didukung oleh beberapa instansi. “Dengan adanya program ini diharapkan mata rantai kemiskinan dalam masyarakat di Sidikalang dapat terputus dan pada akhirnya dapat menjadi masyarakat yang mandiri,” ujar Ramland.

Acara sosialisasi   dihadiri   Kepala Dinas Pendidikan Dairi, Drs Naek Lumban Tobing, Kepala Dinas Kesehatan   Dairi, Camat Sidikalang serta Kepala Bidang Sosial dan Staff Bidang Sosial Disnakersos  Dairi. Sebagai peserta terdiri dari peserta PKH dan kepala desa/lurah se-Sidikalang yang berjumlah 50 orang.

Usai acara sosialisasi, dilakukan penyerahan bantuan secara simbolis terhadap 248 KK peserta program keluarga harapan di Kecamatan Sidikalang   Setdakab Dairi, kepada perwakilan peserta PKH. Dana bantuan akan diterima para peserta yang menerima di Pos Cabang Sidikalang (10/1), didampingi   pendamping PKH Kec Sidikalang Fitriyani Hasibuan SPd dan dipantau   Kepala Bidang Sosial Disnakersos selaku Ketua UPPKH   Dairi Gema TD Sihite DCN MKes beserta Operator PKH Dairi, Bettan K Padang. (BR2/B5/w)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments