Kamis, 19 Sep 2019

Polres Tebingtinggi Gelar Apel Kesiapan Pengamanan Hasil Pemilu

admin Jumat, 14 Juni 2019 17:54 WIB
SIB/Bonny Sembiring
FOTO BERSAMA : Kapolres Tebingtinggi, AKBP Sunadi didampingi Wakapolres Kompol R Manurung, Kadishub Syafrin E Harahap, Kasat Pol PP Sergai Fajar Simbolon dan unsur lainnya foto bersama usai apel konsolidasi Operasi Ketupat Toba 2019 dan kesiapan pengamanan perselisihan hasil Pemilu, Kamis (13/6) di halaman Mapolres setempat.
Tebingtinggi (SIB) -Kepolisian Resort (Polres) Tebingtinggi menggelar apel konsolidasi Operasi Ketupat Toba 2019 dan kesiapan pengamanan perselisihan terkait hasil Pemilu, Kamis (13/6) di halaman Mapolres setempat.

Kapolres Tebingtinggi, AKBP Sunadi yang bertindak sebagai inspektur upacara dalam arahannya menyatakan, Operasi Ketupat Toba tahun ini telah berlangsung selama 13 hari dan berakhir pada tanggal 10 Juni 2019 lalu. Namun, dalam proses pelaksanaannya memiliki karakteristik yang khas dibandingkan dengan operasi di tahun sebelumnya.

"Operasi Ketupat 2019 dilaksanakan bersamaan dengan penyelenggaraan tahapan Pemilu dan hal itu membuat potensi kerawanan yang dihadapi dalam penyelenggaraan operasi semakin kompleks," ujarnya.

Perwira melati dua itu pun menyebutkan, selama penyelenggaraan operasi di Wilkum Polres Tebingtinggi, jumlah kecelakaan lalulintas yang terjadi ada 13 kasus, meninggal dunia dan luka berat (LB) nihil, luka ringan (LR) 19 orang, kerugian material sebanyak Rp 12.700.000, penindakan tilang 24 kasus dan teguran sebanyak 152.

Sedangkan, pada operasi tahun sebelumnya, sambung Kapolres, jumlah lakalantas ada 9 kasus, meninggal dunia 1 orang, LB 2 orang, LR 12, kerugian material Rp 37.700.000, tilang 20 dan teguran 83.

"Berdasarkan data tersebut, pelaksanaan Operasi Ketupat Toba 2019 menunjukkan tingkat keberhasilan yang sangat baik, hal itu ditandai dengan tidak adanya korban meninggal dunia dan luka berat," ucapnya.

Sementara di bagian lain, sekaitan pelaksanaan pengamanan sidang hasil Pemilu di Wilkum Polres Tebingtinggi, AKBP Sunadi mengimbau agar seluruh personel TNI-Polri senantiasa bekerjasama dan bersatu padu dengan para tokoh maupun segenap elemen masyarakat untuk berkomitmen dalam mendukung situasi Kamtibmas yang kondusif.

"Selanjutnya, kedepankan langkah-langkah yang proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini guna mengetahui dinamika yang berkembang untuk dilaksanakan upaya pencegahan, tetap menggelorakan deklarasi menolak aksi kerusuhan di wilayah masing-masing dan melakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional guna menjamin stabilitas Kamtibmas yang kondusif," pesan Kapolres.

Amatan SIB, selain ratusan personel TNI-Polri, apel gabungan itu turut juga dihadiri Wali Kota Tebingtinggi diwakili Kadis Perhubungan Syafrin E Harahap, Kasat Pol PP Sergai Fajar Simbolon, Kalapas Tebingtinggi Theo Adrianus Purba, para PJU Polres, Komisioner KPU, Sub Den Pom Tebingtinggi, Kepala Cabang Jasa Raharja Tebingtinggi, Sumariadi dan Pjs Direktur RS Bhayangkara Drg FE Nababan. (T01/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments