Rabu, 20 Nov 2019

Pimpinan Sinode Gereja se-Sumut Diskusi Implikasi Kemerdekaan Indonesia Bagi Kristen

bantors Minggu, 13 Oktober 2019 12:20 WIB
SIB/Dok
Foto Bersama : Ketua PIKI Pematangsiantar dr Sarmedi Purba SpOG, Prof John A Titaley, Marulam Simarmata dan tokoh-tokoh gereja foto bersama seusai menggelar diskusi di Internasional Convention Hall Jalan Gereja Pematangsintar, Sabtu (12/10).
Pematangsiantar (SIB) -Pimpinan Sinode Gereja se-Sumatera Utara menggelar diskusi tentang implikasi kemerdekaan Indonesia bagi Kristen di Internasional Convention Hall Jalan Gereja Pematangsiantar, Sabtu (12/10).

Hadir Prof John A Titaley dan beberapa tokoh dari Jakarta, sejumlah pimpinan gereja dari Sumatera Utara dan tokoh gereja lainnya.
Ketua Persatuan Intelegensia Kristen Indonesia (PIKI) Kota Pematangsiantar dr Sarmedi Purba SpOG mengatakan, tujuan diskusi yaitu merumuskan suatu gagasan tentang implementasi kemerdekaan gereja, bagi gereja kristen yang esa pada masa kini.

"Kita harus memberikan gagasan-gagasan baru di Indonesia. Bagaimana gereja, khususnya dewan persekutuan gereja se-Indonesia menyikapi ini," katanya.

Dia menambahkan, setiap orang harus merubah pola pikir, sehingga dapat memberikan masukan kepada pimpinan pimpinan gereja, untuk dijadikan sebagai bahan usulan pada sidang raya persekutuan gereja bulan November mendatang.

"Tentu, kita harus merubah cara berpikir. Itu yang dipaparkan pada diskusi. Memberi masukan-masukan kepada pimpinan gereja. Untuk dibawakan pada sidang raya persekutan gereja pada bulan November 2019 mendatang. Kami tetap bergerak untuk mempersatukan gereja-gereja," ujarnya.

Lebih lanjut, Sarmedi menguatkan PIKI Kota Pematangsiantar siap memberi sumbangsih kepada negara, untuk membentuk suatu negara toleran antara sesama pemeluk agama. "Ini harus dirumuskan dalam konsep dan pemikiran yang jelas, sehingga kita tidak berbeda pandangan," tutupnya.

Sementara itu, John A Titaley dalam bukunya mengatakan, hakikat gereja sebagai dasar rangkaian eklesiologi, titik tolak bagi pendekatan ini adalah hakekat gereja. Gereja merupakan persekutuan ilahi dalam bungkusan organisasi sosial. Dasarnya terletak pada lidah yang mengaku Yesus itu Tuhan. (S11/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments