Selasa, 15 Okt 2019

Pilpanag Serentak di Simalungun Berjalan Aman

* Tidak Dapat DPT, Warga Protes
admin Kamis, 13 Juni 2019 12:38 WIB
SIB/Agus Salim Siregar
Kanit Reskrim Polsek Perdagangan Iptu Zikri Muamar saat berdialog dengan warga di depan kantor Pangulu Nagori Perlanaan Kecamatan Bandar, Rabu (12/6).
Simalungun (SIB) -Pelaksanaan pemilihan pangulu nagori (Pilpanag) secara serentak di Kabupaten Simalungun berjalan aman. Hal tersebut dikatakan Kabag Ops Polres Simalungun Kompol R Sitinjak SSi, Rabu (12/6).

"Ya, aman. Secara keseluruhan aman dan kondusif. Tidak ada gangguan. Itu berkat kerjasama semua pihak yang terkait," katanya.
Dia menyampaikan, jumlah personel yang dikerahkan untuk pengamanan Pilpanag serentak itu sebanyak 388 personel yang tersebar di setiap nagori yang menggelar Pilpanag.

Sementara itu, pemenang Pilpanag di Nagori Saribu Jandi Kecamatan Pematang Silimahuta diraih Benny Tarigan. Hal itu dikatakan Panitia Pilpanag nagori itu Jaramia Tarigan.

Sedangkan pemenang Pilpanag di Nagori Ujung Mariah Kecamatan Pematang Silimahuta Kabupaten Simalungun Inson Haloho. Hal tersebut dikatakan Camat Drs Pendi Raya Girsang.

Pemenang Pilpanag Nagori Purba Pasir Kecamatan Haranggaol Horisan diraih Horman Sihaloho. Hal tersebut dikatakan Camat Haranggaol Sabolas Pasaribu.

Warga Protes
Sementara itu, warga protes panitia Pemilihan Pangulu Nagori (Pilpanag) Nagori Kecamatan Bandar akibat tidak terdaftar, sehingga tidak bisa memilih karena tidak mendapat DPT, Rabu (12/6).

Sebelumnya, sekitar pukul 10.00 WIB puluhan warga mendatangi panitia Pilpanag dan diterima oleh Ketua panitia Bongkot didampingi Camat Bandar Samsul Pangaribuan, perwakilan dari Kabupaten Simalungun Roganda Sihombing. Pada pertemuan tersebut warga mendapatkan penjelasan bahwa sesuai Perbub bahwa yang tidak mendapat DPT tidak dapat memilih.

Namun setelah bubar warga merasa kurang puas, warga kembali lagi melakukan protes terhadap panitia dan kali ini warga diterima oleh ketua panitia Pilpanag dan didampingi oleh Kanit Reskrim Polsek Perdagangan Iptu Zikri Muamar SIK yang turut hadir mengamankan jalan pemilihan.

Setelah mengajak warga masuk ke dalam ruangan kantor Pangulu Nagori Perlanaan, Ketua panitia dibantu Kanit Reskrim Polsek Perdagangan memberi keterangan dan mengajak bicara warga, akhirnya disepakati antara warga dan panitia sesuai keputusan awal yakni warga yang tidak terdaftar di DPT tidak dapat memilih.

Namun protes warga tidak sampai mengganggu jalannya Pilpanag. Sampai berita ini terkirim penghitungan suara masih berlangsung. (S06/S08/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments