Senin, 10 Agu 2020

Petani Sereh Wangi di Samosir Minta Bantuan Legislatif Surati Kemenhut

Jumat, 10 Juli 2020 16:09 WIB
Foto SIB/dok Humas DPRD Samosir

Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba (2 dari kiri), didampingi anggota legislatif lainnya, Polma Gurning (3 dari kiri) mendatangi petani sereh wangi, Kamis (9/7/2020) di Kecamatan Ronggur Nihuta. 

Samosir (SIB)
Warga petani tergabung di Koperasi Rap Tama Jaya, sekarang ini mengembangkan tanaman sereh wangi di lahan seluas 40 hektar di kecamatan Ronggur Nihuta, Kabupaten Samosir.

Budidaya tanaman sereh wangi ini mendapat perhatian serius Ketua DPRD Samosir, Saut Martua Tamba, agar dikelola dengan serius untuk meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Kedepan kita mendorong masyarakat untuk lebih tertarik menanam sereh wangi mewujudkan ketahanan pangan dan kesejahteraan masyarakat," sebut Saut Martua Tamba, kepada wartawan, Selasa (9/7) di Pangururan.

Didampingi legislatif lainnya, Polma Gurning, DPRD menilai budidaya sereh wangi itu mampu diterapkan di Kabupaten Samosir.
Ketua Koperasi Tani Rap Tama Jaya, Filipus Pandiangan mengaku memanfaatkan hutan lindung milik Kementerian Kehutanan pada perhutanan sosial untuk menanam sereh wangi dilahan 375 hektar yang sudah terverifikasi sekaligus dengan anggota kelompok berjumlah 152 orang.

Ia menambahkan, ketika kelompok taninya menerima kunjungan DPRD Samosir, mereka bermohon kepada DPRD untuk bersedia menyurati Kementerian Kehutanan untuk menambah lokasi lahan penanaman sereh wangi. "Kita juga berharap DPRD agar dapat membantu mesin penyulingan," kata dia.

Dikatakan Filipus, uji coba panen penyulingan mampu mengumpulkan 4 kg, tapi masih dimanfaatkan sendiri. "Belum untuk dijual, masih dipakai sendiri oleh anggota kelompok," imbuhnya.

Dia menjelaskan, ada sekitar 12 ribu hektare luas lahan yang bisa dimanfaatkan untuk perhutanan sosial, sedangkan lahan yang telah dikelola saat ini telah dimanfaatkan penanaman sereh wangi, agro wisata dan rest area.

Maka menurutnya, apabila DPRD Samosir menyurati Kementerian Kehutanan RI, maka pemanfaat lahan di hutan lindung itu akan membantu masyarakat setempat. (BR11/c)

T#gs Minta Bantuan Legislatif Surati KemenhutPetani Sereh WangiSamosir
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments