Jumat, 23 Agu 2019

Pekerjaan Dinilai Tak Bermutu

Perusahaan Rekanan Jembatan Lahomi Nias Barat Diminta Diblacklist

admin Senin, 08 April 2019 15:23 WIB
Ilustrasi
Nias Barat (SIB) -Sejumlah masyarakat meminta kepada Pemkab Nias Barat menindak tegas perusahaan rekanan jembatan Lahomi di Bawadasi karena dinilai tidak mengedepankan mutu pekerjaannya. Jembatan yang berbiaya belasan miliar tersebut kini sudah mulai rusak.

Sesuai informasi lelang di LPSE Pemkab Nias Barat proyek tersebut sebagai pemenang PT Tombang. Nama lelang, penyelesaian jembatan Lahomi di Bawadasi dengan nilai HPS paket Rp 12.960.069.897 APBD TA 2017, Satuan Kerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Nias Barat.

Sejumlah masyarakat, Satukan, Hati Daeli, Hia, Gulo menilai pelaksanaan pembangunan jembatan Lahomi lemah pengawasan dari pihak terkait sehingga rekanan sesuka hati melaksanakan pekerjaannya. Untuk kerusakan jembatan Lahomi di Bawadasi rekanan dan dinas terkait harus bertanggungjawab.

Jembatan yang diresmikan oleh Menkumham Yasonna Laoli tersebut belum setahun dinikmati masyarakat sudah rusak parah, padahal dananya sudah dicairkan kepada rekanan. Pemkab Nias Barat diminta blacklist pengusaha yang mengerjakan proyek itu karena hasil kinerjanya amburadul, desak Hia.

Jembatan tersebut banyak retak di sejumlah titik sehingga dikuatirkan suatu saat akan ambruk. Perusahaan rekanan perlu diblacklist dan wajib mengembalikan semua kerugian keuangan negara, tegasnya.

Menurutnya, perencanaan yang salah, pelaksanaan yang salah dan pengawasan yang salah akan berdampak pada kualitas bangunan. Seperti jembatan Lahomi baru setahun siap sudah rusak parah.

Kadis PUPR Nias Barat mengatakan kerusakan jembatan Lahomi akibat dihantam banjir pada tahun lalu dan kini pihak rekanan telah memperbaikinya. "Itu murni bencana alam dan perusahaan rekanan tidak mungkin diblacklist terkecuali jika tidak bertanggungjawab karena jembatan tersebut masih tanggungjawab rekanan," katanya. (Dik-HH/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments