Rabu, 11 Des 2019

Perubahan Nama Kabupaten Tobasa Menjadi Toba Hampir Final

redaksi Selasa, 12 November 2019 16:24 WIB
Wikipedia
Darwin Siagian

Tobasa (SIB)
Perubahaan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sudah hampir final. Bupati Tobasa, Darwin Siagian mengatakan, perampungan perubahan nama kabupaten itu tinggal menunggu rapat di Kementerian Hukum dan HAM, Kamis (14/11).


Hal itu dikatakan Darwin, Jumat (8/11) di Balige, usai mengikuti rapat di Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sehari sebelumnya.

Menurut dia, surat pertama yang ditandatangani Mendagri Tito Karnavian setelah dilantik salahsatunya surat usulan dari Kemendagri ke Kemenkumham, terkait perubahaan nama Kabupaten Toba Samosir menjadi Kabupaten Toba sebelum keluar Peraturan Presiden (PP).


Dikatakannya, sudah ada surat dari Sekretaris Negara bahwa paling lambat Desember 2019, perubahaan nama tersebut sudah selesai.
Ditambahkannya, bila perubahaan nama tersebut sudah final, maka akan ada waktu 1 tahun untuk perubahaan nama instansi vertikal di kabupaten itu.


"Untuk Pengadilan Negeri, tidak ada perubahaan. Karena selama ini namanya Pengadilan Negeri Balige dan tetap nama itu setelah perubahan nama kabupaten," kata Darwin.


Ia berharap perubahaan nama kabupaten tersebut, sudah bisa ditetapkan dan diresmikan pada peringatan hari ulang tahun ke-21 Kabupaten Toba Samosir pada 2020. (H01/t)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments