Minggu, 19 Jan 2020

Permudah Layanan, Dukcapil Dairi Gunakan Tanda Tangan Digital

redaksi Sabtu, 07 Desember 2019 17:56 WIB
SIB/Dok
Plt Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dairi, Amudi Naiborhu
Sidikalang (SIB)
Sekira 7 ribu lebih warga Dairi menggunakan resi sebagai pengganti kartu tanda penduduk elektronik. Hal itu disampaikan Plt Kadis Kependudukan dan Pencatatan Sipil Dairi, Amudi Naiborhu, Kamis (5/12) di ruangannya.

Disebutnya, hal itu terjadi karena kekosongan blangko KTP eletronik. Blangko KTP yang tersedia hanya untuk warga yang tidak pernah memiliki KTP. "Saat ini, blangko untuk mengganti KTP yang hilang, rusak, perubahan identitas tidak ada. Kita mengutamakan warga yang tidak pernah memiliki KTP," ucapnya.

Blangko yang tersedia pun tidak cukup bagi warga yang belum pernah memiliki KTP. Saat ini, ada sekitar seribu lebih warga yang tidak pernah memiliki KTP, masih menggunakan surat keterangan (Suket).

Dikatakan Amudi, untuk mempermudah pelayanan, Dukcapil Dairi sudah menerapkan penggunaan tandatangan digital/ kode bar (Barcode). Dengan penggunaan tanda tangan digital ini, maka pelayanan dokumen kependudukan akan lebih mudah.

Setiap orang yang membutuhkan tandatangan kepala dinas, seperti kartu keluarga (KK), akte lahir, surat pindah tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas di kantor.

"Pelayanan dokumen KK, akte lahir dan surat pindah, kepala dinas tidak harus di kantor, sudah bisa dilakukan lewat komputer/ lattop," ucapnya.

Tahun depan untuk mempermudah layanan, Dukcapil Dairi akan memiliki anjungan dukcapil mandiri (ADM), direncanakan tahap awal di 6 kecamatan yaitu Kecamatan Tanah Pinem, Tigalingga, Sidikalang, Sumbul, Parbuluan, Siempat Nempu Hilir.

Kedepan warga tidak perlu lagi datang ke kantor Dukcapil, sudah bisa mengajukan permohonan lewat online melalui smartfone atau lainnya. Setelah berkas dikirim lewat online, akan diverifikasi petugas dan kemudian dikeluarkan nomor pin. Dengan nomor pin itu, pemohon bisa mencetak dokumen yang diusulkan di ADM.

Dengan adanya itu, warga yang jarak tempuhnya jauh ke Kantor Dukcapil, tidak perlu lagi datang. Dengan harapan masyarakat semakin cerdas. Dan juga akan mempersiapkan admin di kecamatan dan di desa," tandasnya.(K05/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments