Kamis, 06 Agu 2020

Permata KPK Unjuk Rasa ke DPRD Asahan Tuntut Penetapan Bupati Defenitif

admin Rabu, 26 Juni 2019 18:24 WIB
SIB/Franky
PENJELASAN: Ketua Komisi A DPRD Asahan Baharuddin Harahap didampingi H Henri Siregar dari Partai PKS memberikan penjelasan kepada pendemo terkait Plt Bupati Asahan yang belum defenitif, di DPRD Asahan, Selasa (25/6).
Kisaran,(SIB) -Puluhan mahasiswa mengatasnamakan Pergerakan Mahasiswa Tangkap Komplotan para Koruptor (Permata KPK) meminta Menteri Dalam Negeri (Mendagri) melalui DPRD Asahan segera menetapkan Plt Bupati Asahan Surya menjadi bupati definitif. Hal itu dikatakan koordinator aksi Permata KPK Soleh Marpaung saat berunjukrasa di DPRD Asahan, Selasa (25/6).

Dalam orasinya, Soleh Marpaung mengatakan, sampai saat ini tidak ada upaya yang berwenang menetapkan Surya menjadi Bupati Asahan, terkesan memperlambat demi kepentingan pribadi dan golongan. Bupati dan Wakil Bupati dilantik pada Februari 2016 dan berakhir pada Februari 2021, masih tersisa lebih dan kurang 20 bulan masa priodeisasi. Sedangkan menurut aturan yang berlaku, seorang Pelaksana tugas (Plt) Bupati yang memiliki masa jabatan 18 bulan maka secara otomatis akan terjadi kekosongan wakil bupati hingga akhir masa jabatan.

"Meminta kepada Mendagri melalui DPRD Asahan untuk segera menetapkan bupati defenitif atau mundur sebagai Plt Bupati karena terindikasi memanfaatkan sisa jabatan untuk kepentingan pribadi atau segelintir golongan bukan kepentingan masyarakat di Asahan. Mendesak Surya untuk segera ditetapkan menjadi bupati defenitif melalui mekanisme dan aturan tata negara yang berlaku," kata Soleh.

Setelah berorasi beberapa lama, Ketua Komisi A Baharuddin Harahap didampingi anggota DPRD dari Fraksi PKS H Henri Siregar memberikan penjelasan kepada pendemo, DPRD sedang melaksanakan paripurna mengenai pemberhentian Almarhum Taufan Gama Simatupang sebagai Bupati Asahan karena meninggal dunia. "Dari sidang paripurna inilah muncul surat yang akan kita sampaikan ke Mendagri dan sesegera mungkin kita laksanakan. Akan kita utus orang yang akan menyampaikan langsung ke Mendagri dan berharap Mendagri secepatnya menetapkan Surya menjadi Bupati Asahan," ucap Henri. (A06/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments