Minggu, 15 Des 2019

Perlombaan Seni Budaya Batak HKBP se-Distrik V Sumatera Timur Berlangsung Meriah

* Praeses: Mari Kita Cintai Budaya Batak
admin Kamis, 04 April 2019 13:58 WIB
SIB/Revado Marpaung
TOR-TOR: Salah satu peserta dari HKBP Bahal Gajah Tigabolon Ressort sedang tampil dihadapan para juri dalam acara pagelaran seni budaya Batak yang digelar di sopo godang HKBP Pematangsiantar, Rabu (3/4).
Pematangsiantar (SIB) -Perlombaan Seni Budaya Batak HKBP se-Distrik V Sumatera Timur yang digelar di Sopo Godang HKBP Pemtangsiantar berlangsung dengan meriah. Kegiatan ini dilaksanakan selama rangka pra konfrensi Parompuan PPD se-HKBP Distrik V Sumatera Timur, Rabu (3/4).

Acara ibadah langsung dilanjutkan dengan perlombaan tor-tor, membuat kue dari bahan ubi jalar serta membuat tempat tissue dari kotak sepatu.

Praeses HKBP Distrik V Sumatera Timur Pdt Robert S Pandiangan MTh dalam sambutannya mengatakan mari kita cintai budaya Batak dan harus bangga jadi orang batak. Sebab, tidak berapa suku di Indonesia seperti budaya Batak yang lengkap seperti Dalihan Na Tolu.

Robert menyampaikan agar melalui pagelaran seni budaya Batak ini, Parompuan HKBP se-Distrik V mampu menjaga dan mengerti nilai-nilai yang diajarkan dalam budaya Batak. "Jangan malu jadi orang Batak", tegasnya.

Sementara Ketua Panitia PPD (Persekutuan Parompuan Distrik) Nelsi Sinaga SH dalam laporannya mengatakan sebanyak 30 ressort dari 49 ressort Distrik V Sumatera Timur mengikuti pagelaran seni budaya batak ini.

Nelsi mengatakan, kegiatan ini juga menjadi salah satu cara untuk menggalang dana yang nantinya dipergunakan untuk biaya asrama putri di Medan Jalan Setia Budi Medan dan untuk pensiun pendeta. "Jadi mengingat ini juga tahun parasirohaon HKBP tahun 2019", katanya.

Dia berharap melalui kegiatan ini, Parompuan se Distrik V Sumatera Timur mengetahui arti dari pada setiap gerakan tor tor Batak. "Jadi tidak hanya mengerti gerakannya, tapi harus tahu juga arti dari setiap gerakan", ungkapnya.

Nelsi menambahkan, apabila nantinya ada dana, yang juara 1 tor tor ini akan kita berangkatkn ke Jakarta mengikuti setiap perlombaan tor-tor.

Kegiatan ini akan berlangsung selama satu hari ini. (D14/l)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments