Minggu, 20 Sep 2020

Penyebaran Covid-19 di Labusel Meningkat,13 Kasus Konfirmasi

Rabu, 16 September 2020 13:55 WIB
Internet
Ilustrasi Covid-19
Kotapinang (SIB)
Dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Labusel.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Labusel mencatat jumlah akumulasi kasus Covid-19 dalam pekan ini meningkat empat kasus, hingga menjadi 13 kasus. Penyebaran Covid-19 tersebut terjadi pada tiga kecamatan dari total lima kecamatan di Kabupaten Labusel.

Akumulasi kasus tertinggi terjadi di Kecamatan Torgamba, yakni 7 kasus, kemudian Kotapinang dan Kampungrakyat, masing-masing 3 kasus. Sedangkan Kecamatan Sungaikanan dan Silangkitang, hingga kini masih nihil.

Hingga Selasa (15/9), perkembangan Covid-19 di Kabupaten Labusel yakni, 1 kasus meninggal dunia, sembuh 6 orang, dan kontak erat 5 orang.

"Memang benar terjadi peningkatan. Saat ini sudah 13 kasus konfirmasi Covid-19 di Kabupaten Labusel. Ada penambahan empat kasus baru dari sebelumnya 9 kasus," kata Kepala Dinas Kominfo Pemkab Labusel, M Irsan ketika dikonfirmasi, Selasa (15/9).

Dikatakan, hampir seluruh orang yang terpapar tersebut bukan berdomisili di Labusel. Namun kata dia, identitasnya memang tercatat sebagai warga Kabupaten Labusel.

"Mereka sebagian besar beraktifitas di luar daerah," katanya.

Dijelaskan, GTPP Covid-19 Labusel sudah melakukan penelusuran kontak terhadap seluruh orang terdekat pasien tersebut. Selain itu kata dia, juga dilakukan penyemprotan disinfektan terhadap kediaman masing-masing pasien.

Meski demikian, Irsan mengimbau warga agar tidak panik. Dia mengajak untuk bersama-sama memutus rantai penyebaran Covid-19. Dikatakan, pemutusan rantai penularan Covid-19 dilakukan hanya dengan melaksanakan protokol kesehatan. Namun kata dia, berbagai upaya itu tidak akan berhasil secara baik, bila hanya dikerjakan sebagian masyarakat saja.

"Bahkan penularan yang akan diputus oleh orang yang patuh menjalankan protokol kesehatan, justru bisa terjadi sebaliknya, akibat mereka yang mengabaikan anjuran kesehatan di masa pandemi ini. Untuk itu, dimeminta langkah pencegahan dilaksanakan seluruh lapisan masyarakat, instansi, pelaku usaha, dan pengelola fasilitas layanan umum," katanya. (L06/c)

T#gs Kasus KonfirmasiLabuselMeningkatpenyebaran Covid-19
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments