Rabu, 30 Sep 2020

Pengguna Jalan Lintas Sumatera Perbatasan Riau Dicek Kesehatan dan Wajib Bermasker

Jumat, 17 April 2020 17:42 WIB
Foto: SIB/Dok

Pengguna Jalan : Pengguna jalan lintas Sumatera dicek kesehatan dan diminta menggunakan masker. Bersamaan dengan itu, pada penarik becak dan Ojol diberikan sembako  oleh Pemkab Labuhanbatu. 

Labuhanbatu (SIB)
Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Labuhanbatu mencek kesehatan dan mewajibkan seluruh individu yang melintas menggunakan masker di jalan lintas Sumatera perbatasan Riau. Langkah itu dimaksudkan untuk menekan kemungkinan berkembangnya pandemi Covid - 19.

Kepala Dinas Perhubungan Tuahta R Saragih AP MSi melalui Sekretaris Dishub Bonaran Tambunan SIP, Kamis (16/4) menjelaskan, sasaran operasi pengawasan tersebut adalah bus penumpang dan mobil angkutan barang dari Kabupaten Labuhanbatu Selatan menuju Labuhanbatu serta daerah lain yang dekat perbatasan Riau. "Pemeriksaan terhadap para pengguna jalan yang melintas dilakukan untuk memastikan di Labuhanbatu aman dan steril dari penyebaran Covid-19, adapun upaya Pemkab untuk memutus rantai Covid-19, dimulai dengan pembagian masker, hand sanitizer dan penyemprotan disinfektan," ujar Bonaran saat dihubungi via seluler.

Selain berbatasan darat, upaya pencegahan pun dilakukan dengan pergerakan manusia dari laut karena wilayah terebut berdekatan dengan Selat Malaka. Sejumlah pos cek dibangun dan disediakan fasilitas seperti air untuk cuci tangan dan hand sanitizer seperti di Jalan Lintas Sumatera Desa Gunung Selamat Kecamatan Bilah Hulu.

Pencekan menggunakan thermogen itu guna memastikan apakah suhu badan seseorang memungkinkan untuk melanjutkan perjalanan. Seluruh individu, baik yang menggunakan moda transportasi publik maupun pribadi dilakukan hal serupa.
Secara bersamaan, Bupati Labuhanbatu H Andi Suhaimi Dalimunthe ST MT membagi sembako pada warga ekonomi marginal. Tahap awal memberi 100 paket berisi beras 5 Kg dan gula pasir 1 Kg di sepanjang Jalan Raja Sisingamangaraja XII menuju Kota Rantauprapat, Rabu (15/4).

Pembagian pada masyarakat seperti penarik becak, Ojol diikuti pemeriksaan kesehatan. Ikut mendampingi kegiatan Kepala Dinas Kesehatan Kamal Ilham SKM, Kepala Satpol PP Muhammad Yunus SH dan Plt Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Atia Muchtar Maulana Hasibuan MAP.

Pembagian sembako berkelanjutan hingga tiga bulan ke depan agar masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19 terbantu. Ada disediakan 23.000 paket sembako untuk dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan sebelum memasuki Ramadan. (R10/f)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments