Minggu, 20 Sep 2020

Pemko Pematangsiantar Diminta Laksanakan Rakor Penegakan Hukum Protokol Kesehatan Covid-19

Rabu, 16 September 2020 13:15 WIB
Foto: Prixa.ai

Ilustrasi warga yang melawan Covid-19 dengan menerapkan protokol kesehatan seperti menggunakan masker. 

Pematangsiantar (SIB)
Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melalui surat nomor 440/5113/SJ, yang ditandatangani Sekretaris Jenderal, Dr Ir Muhammad Hudori MSi tanggal 14 September 2020 lalu meminta, Pemerintah Kota (Pemko) Pematangsiantar dan 260 kabupaten/kota lainnya, melaksanakan rapat koordinasi (Rakor) penegakan hukum protokol kesehatan Covid-19.

Melalui suratnya, Kemendagri menjelaskan, dalam rangka pelaksanaan Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2020 tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan, upaya pencegahan dan pengendalian Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di daerah, maka daerah wajib melaksanakan rapat koordinasi penegakan hukum, terkait protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian Covid-19, dalam rangka suksesi Pilkada serentak 2020 aman dari Covid-19, melibatkan Forkopimda, KPU, Bawaslu, Badan Kesbangpol, Satpol PP, BPBD, Dinas Perhubungan dan Bagian Hukum selambat-lambatnya, 18 September 2020.

Dalam pelaksanaan rapat dimaksud memuat materi, sosialisasi Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) Republik Indonesia (RI) nomor 10 tahun 2020 tentang perubahan atas PKPU nomor 6 tahun 2020 mengenai pelaksanaan pemilihan Gubernur, Wali Kota, Bupati dan wakil-wakilnya secara serentak lanjutan, dalam kondisi bencana non alam Covid-19, serta Peraturan Badan Pengawas Pemilu nomor 4 tahun 2020 tentang pengawasan, penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa pemilihan serentak lanjutan dalan kondisi bencana non alam. Misalnya, pencegahan dan deteksi kerawanan penularan Covid-19, dan koordinasi penegakan hukum protokol kesehatan.

Menyikapi surat Mendagri tersebut, Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Pencegahan Covid-19 Pematangsiantar, Drs Daniel Siregar saat dikonfirmasi via telepon, Selasa (15/9) mengatakan, sudah melakukan koordinasi dengan Forkopimda untuk segera melaksanakan Rakor porotokol kesehatan tersebut.

Disampaikannya, saat ini GTPP Covid-19 Pematangsiantar bersama Polri dan TNI sedang galak-galaknya melakukan operasi masker. Dalam rangka, menegakkan protokol kesehatan, dan ini akan jalan tersus. Sehingga diingatkan kepada warga, jika keluar dari rumah dimohon agar selalu memakai masker, menjaga jarak dan sesering mungkin mencuci tangan.(S11/c)

T#gs Diminta LaksanakanPemko Pematangsiantarprotokol kesehatan covid-19Rakor Penegakan Hukum
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments