Jumat, 18 Okt 2019

Pemko Gunungsitoli akan Bangun Pasar Berbiaya Puluhan Miliar Rupiah

admin Kamis, 05 September 2019 20:15 WIB
SIB/Riswan H Gultom
RELOKASI: Pemko Gunungsitoli dipimpin Kadis Perindag Yurisman Telaumbanua (kiri) merelokasi pedagang eks terminal lama, Senin (2/9).
Gunungsitoli (SIB) -Pertumbuhan pedagang pasar di Gunungsitoli mengalami peningkatan setiap tahun. Untuk itu, Pemko akan membangun pasar modern berbiaya puluhan miliar rupiah untuk memberikan sarana yang layak kepada para pedagang.

Kadis Perindag Gunungsitoli, Yurisman Telaumbanua, Senin (2/9), di sela-sela memimpin relokasi pedagang di eks terminal lama, mengatakan lokasi Pasar Nou yang berada di pusat kota akan segera dibangun pasar modern 3 lantai, sehingga untuk sementara pedagang dipindahkan.

"Lima hingga 10 tahun ke depan pedagang diprediksi bersesakan jika kita memperhatikan grafik pertumbuhan beberapa waktu terakhir, sehingga kita harus mengantisipasi sejak sekarang," katanya.

Dia mengatakan, Gunungsitoli sebagai satusatunya pusat keramaian di 5 kabupaten/kota merupakan sentra aktivitas kepulauan. Gunungsitoli menjadi tumpuan distribusi barang dan jasa ke berbagai sudut pulau.

"Kemungkinan sekali dalam jangka panjang Gunungsitoli bisa menjadi pusat keramaian yang lebih serius, sehingga kita harus mempersiapkan segala aspek," katanya.

Menurut dia, pasar modern yang akan dibangun di areal seluas 1 hektare dapat menampung sekitar 600 pedagang. Bangunan 3 lantai akan ditempati pedagang sesuai jenis dagangannya.

Meski demikian, Pemko akan tetap membina pasar -pasar tradisional sebagai penyangga aktivitas utama di pusat keramaian, sehingga masyarakat pinggir kota tetap dapat melakukan jual beli di dekat kediamannya. (BR9/c)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments