Kamis, 24 Sep 2020

Pemkab Taput Anggarkan Rp 1 M untuk Jamkesda TA 2014

Jumat, 02 Mei 2014 17:21 WIB
Kadis Kesehatan Tapanuli Utara dr Boby Simanjuntak
Tarutung (SIB)- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tapanuli Utara menyiapkan anggaran  Rp 1 miliar yang bersumber dari APBD 2014 untuk pembiayaan Jaminan Kesehatan Daerah kepada 5000  warga Taput yang akan didaftarkan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan. Hal itu dikatakan Kepala Dinas Kesehatan Taput dr Boby Simanjuntak kepada SIB, Rabu (30/4).

BPJS tersebut diperuntukkan bagi masyarakat  kurang mampu dan tidak terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (Jamkesmas).

“Program ini kiranya bisa  meringankan beban masyarakat dan  bisa tercover dalam jaminan kesehatan melalui Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS),” ujarnya.

Selain dari 5000 jiwa itu,  dia juga menjelaskan,  dari  280.677 jiwa penduduk Taput yang sudah terdaftar sebagai peserta BPJS, sekitar 107.036 jiwa sudah terdaftar dalam Jamkesmas Pusat. Sedangkan  untuk kalangan  PNS,TNI/Polri dan  BUMN/BUMD yang terdaftar ke Jamkesmas berjumlah 27.126 jiwa.

“Bagi warga yang kurang mampu berobat karena tidak ada biaya dan tidak terdaftar sebagai peserta Jamkesmas, silahkan mengurus kartu miskin ke kepala desanya masing-masing,” jelasnya.

Untuk tahun 2015 nanti, lanjutnya, semua warga yang belum mendapat jaminan kesehatan akan didata kembali untuk mewujudkan visi misi Bupati/Wakil Bupati Taput Nikson / Mauliate yang menyebutkan gratis berobat buat seluruh warga miskin.

 Untuk itu  pihaknya siap mewujudkan visi misi tersebut dan menjalankan program   dengan   mengefektifkan tim medis se-Taput. (A20/c)


T#gs Pemkab
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments