Sabtu, 07 Des 2019

Pemkab Simalungun Optimalisasi Jaringan Irigasi di 31.363 Ha Persawahan

admin Rabu, 14 Agustus 2019 16:52 WIB
Ilustrasi
Simalungun (SIB) -Pembentukan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Alam Pemkab Simalungun bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dalam rangkaian menjadikan Kabupaten Simalungun sebagai lumbung pangan di Sumatera Utara.

Demikian diutarakan Sekretaris Daerah Simalungun Gidion Purba saat menyampaikan nota jawaban Bupati Simalungun atas pemandangan umum fraksi terkait Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) tentang perubahan kedua atas Peraturan Daerah nomor 4 tahun 2016 tentang pembentukan perangkat daerah pada rapat paripurna di Pamatangraya, Selasa (13/8).

Pemkab Simalungun sebelumnya mengajukan Ranperda berisi perubahan status 3 organisasi perangkat daerah yaitu, Korpi diusulkan dihapus Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Alam (PSDA) dibentuk baru.

Gidion mengatakan, pembentukan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Pengelolaan Sumber Daya Alam adalah untuk menyelenggarakan pembangunan, rehabilitasi dan optimalisasi jaringan irigasi di 158 daerah irigasi yang mengairi luas persawahan kurang lebih 31.363 Ha yang tersebar di wilayah Kabupaten Simalungun.

Sementara itu, dibentuknya Dinas Pemuda dan Olahraga diharapkan dapat mengakomodir kegiatan kepemudaan dan keolahragaan yang semakin kompleks, dimana Dinas Pendidikan sebagai induk lebih fokus pada pendidikan saja.

"Dispora diharapkan dapat mencetak generasi milenial yang mampu bersaing di segala bidang, menjauhkan generasi muda dari ancaman radikalisme narkoba dan kegiatan negatif lainnya," ujar Gidion.

Menurutnya, dibentuknya Dispora dapat mengembangkan sumber daya manusia dan daya saing generasi muda.

Terkait penghapusan Sekretariat Dewan Pengurus Korpri, Gidion mengatakan bahwa penghapusan merupakan amanat dari surat Menpan RB Nomor B/629/M.S.04.00/2019 tanggal 27 Mei 2019. Tupoksi yang selama ini dikerjakan oleh Sekretariat Dewan Pengurus Korpri selanjutnya diserahkan kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah Simalungun.

Rapat paripurna itu dipimpin Wakil Ketua DPRD Simalungun Fao Saut P Sinaga didampingi Wakil Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Wakil Ketua DPRD Rospita Sitorus dan dihadiri para pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), anggota dewan, Sekretaris DPRD SML Simangunsong dan lainnya. (S05/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments