Minggu, 09 Agu 2020

Pemkab Simalungun Diminta Susun Program Strategis Pemulihan Sosial dan Ekonomi Rakyat

Minggu, 05 Juli 2020 13:19 WIB
Foto: Dok/Timbul Jaya Sibarani

Timbul Jaya Sibarani

Simalungun (SIB )
Ketua DPRD Timbul Jaya Sibarani, Jumat ( 3/7 ) meminta Pemkab Simalungun melalui masing-masing OPD (Organisasi Perangkat Daerah) menyusun program strategis menggerakkan berbagai bidang usaha sehingga masyarakat produktif di masa kenormalan baru.

Menurutnya, potensi daerah di Indonesia cukup beragam. Karenanya, masing-masing kepala daerah melalui OPD bersangkutan hendaknya memiliki peta kegiatan yang anggarannya dapat ditampung di dalam APBD sebagai stimulus atau harus diusulkan kepada pemerintah atasan baik ke provinsi maupun pemerintah pusat.

Diakui, daerah mempunyai anggaran sangat terbatas di dalam APBD, dalam hal ini dibutuhkan peta kegiatan dan potensi daerah diusulkan kepada pemerintah pusat sehingga mendapat perhatian khusus dalam pengucuran anggaran bantuan keuangan pusat.

Misalnya, Kabupaten Simalungun memiliki potensi lebih kurang 70% daerah pertanian terdiri dari pertanian tanaman keras, hortikultura dan padi sawah. Selebihnya, warga menggeluti bidang usaha jasa maupun kontruksi yang pada umumnya pada tingkatan UMKM.

Untuk menggerakkan perputaran roda usaha baik usaha tani maupun jasa kontruksi, Pemda (Pemerintah Daerah) diharapkan menyusun formula yang dapat merangsang masing-masing sektor menjadi produktif.

Usaha tani tentu membutuhkan berbagai bentuk bantuan seperti benih tanaman unggul, pupuk bahkan modal usaha selama perawatan tanaman sampai produksi. Dalam hal ini, Pemda hendaknya memiliki data spesifik pertanian untuk mempermudah pendistribusian bantuan. Sedangkan dalam mendukung UMKM tentu dibutuhkan modal kerja yang sifatnya pinjaman lunak.

Dilihat dari perbandingan antara ketersediaan anggaran dalam APBD dimungkinkan jauh lebih kecil dari prakiraan bantuan. Dan, pemenuhan anggaran itu tadi dikatakan perlu segera diusulkan ke pemerintah pusat untuk mendapat perhatian sehingga percepatan pemulihan sosial dan ekonomi rakyat dapat dilakukan. (BR4/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments