Selasa, 17 Sep 2019

Pemkab Humbahas Salurkan Dana Hibah Keagamaan Rp2 Miliar

admin Kamis, 04 April 2019 13:45 WIB
SIB/Dok
TANDATANGAN : Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor, didampingi Kepala Inspektorat BP Siahaan, serta Asisten III Janter Sinaga menyaksikan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHP) bantuan hibah keagamaan kepada 144 gereja, mesjid dan lembaga keagaan di Humbahas di Pendopo Komplek Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Selasa (2/4).
Humbahas (SIB) -Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) menyalurkan bantuan dana hibah kepada 144 rumah ibadah dan lembaga keagamaan sebesar Rp2 miliar yang bersumber dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Tahun Anggaran 2019. Penyaluran dana itu ditandai dengan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHP), di Pendopo Komplek Perkantoran Bukit Inspirasi, Doloksanggul, Selasa (2/4).

Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor mengharapkan agar dana hibah itu digunakan berdasarkan perencanaan pembangunan oleh para pengurus, baik gereja, mesjid dan lembaga keagamaan lainnya sesuai proposal permohonan yang sudah disampaikan kepada Pemkab Humbahas.

Selain itu, bupati juga mengimbau seluruh pemeluk agama untuk tetap bergandengan tangan dengan pemerintah daerah untuk menjaga kedamaian dan turut mendukung program pemerintah daerah khususnya dalam bidang pertanian.

"Mari kita menghilangkan perbedaan sesama pemeluk agama agar tetap menjaga persatuan dan kesatuan. Pihak keagamaan jangan memperuncing perbedaan sesama pemeluk agama. Selain itu juga diharapkan agar bergandeng tangan dengan pemerintah daerah untuk mendukung segala program pemerintah terutama di sektor pertanian. Karena hanya dengan pertanianlah kita dapat menyejahterakan masyarakat," harap bupati.

Salah seorang penerima hibah yang juga Ketua Pembangunan HKI Sigumpar Kecamatan Paranginan, Bangun Hutasoit berterimakasih kepada Pemkab Humbahas atas dukungan dan motivasi sehingga terlaksananya pembangunan gereja mereka. Selain itu, dia juga mengharapkan agar ke hari-hari mendatang, lembaga-lembaga keagamaan di daerah itu lebih harmonis dan bersatu padu.

Sebelumnya, Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Jakkon Marbun menyampaikan, julah penerima bantuan hibah untuk tahun anggaran 2019 sebanyak 144 pemohon dengan rincian 135 gereja dan mesjid ditambah 9 lembaga lainnya dengan pagu anggaran Rp2 miliar.

"Sehubungan dengan hal tersebut, pemberian bantuan hibah keagamaan dan dalam rangka persiapan penandatanganan Naskah Perjanjian Hibah Daerah Kabupaten Humbang Hasundutan perlu diadakan pertemuan ini sekaligus untuk melengkapi berkas-berkas/surat pertanggungjawaban hibah tahun anggaran 2019," sebut Jakkon.

Usai acara, kepada SIB Jakkon mengatakan, penandatanganan NPHD itu merupakan syarat mutlak dalam penyaluran dana hibah. Setelah itu, diproses dan disalurkan langsung Badan Pengelolaan Keuangan Pendapatan dan Asset Daerah (BPKPAD) ke rekening penerima hibah.

"Kalau berkasnya sudah beres, paling lambat minggu depan sudah ditransfer oleh BPKPAD ke rekening penerima hibah. Semoga bantuan itu dapat bermanfaat bagi gereja, mesjid dan lembaga keagamaan, dan dapat meningkatkan iman untuk masyarakat Humbang Hasundutan hebat," pungkasnya. (BR8/d)
T#gs Pemkab Humbahas
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments