Minggu, 17 Nov 2019

Pemkab Dairi Tertibkan PKL Pusat Pasar Sidikalang

admin Kamis, 20 Juni 2019 15:34 WIB
SIB/Dok
PENERTIBAN: Pemerintah Kabupaten Dairi tertibkan pedagang kaki lima (PKL) yang berjualan di luar kawasan Pasar Sidikalang, Rabu (19/6).
Sidikalang (SIB) -Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Dairi melakukan penataan pusat Pasar Sidikalang. Pedagang kaki lima (PKL) diminta berjualan di dalam pasar tidak melewati parit.

Hal itu disampaikan Pelaksana Humas Setda Kabupaten Dairi, Desman Sihotang kepada wartawan, Rabu (19/6) di Sidikalang.
Disebutnya, penataan PKL di Pusat Pasar Sidikalang akan dilakukan secara berkesinambungan, sehingga nantinya pedagang tertib di Pasar Sidikalang. Penataan pasar dikoordinir Kepala Inspektorat Kabupaten Dairi, Edward Hutabarat serta pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) terkait.

Penertiban dilakukan menggunakan prinsip sapa dan komunikasi dengan santun, serta memberikan imbauan sebagaimana yang telah dilaksanakan pada hari-hari sebelumnya. "Kita hanya meneruskan apa yang telah dilakukan oleh OPD kepada para pedagang di Pusat Pasar Sidikalang," ucapnya.

Kemudian, dalam melaksanakan penataan pasar harus bertindak secara tim, agar proses penataan pasar dapat berjalan sesuai dengan proses yang telah direncanakan.

Dalam penataan, alat berat turut diturunkan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang guna mempermudah proses penataan. "Alat berat digunakan untuk pembongkaran beberapa bangunan yang membuka tempat berdagang sampai melewati batas parit, sehingga mengganggu arus lalu lintas dan mengganggu kenyamanan para pengguna jalan," ucapnya.

Selain penataan di luar, penataan pasar juga dilakukan di dalam pasar yang dilaksanakan oleh pihak Perusahaan Daerah Pasar Sidikalang. Pedagang yang berjualan di dalam pasar menata dan menertibkan dagangannya sesuai dengan arahan dari pihak petugas PD Pasar. Sementara itu, Dinas Lingkungan Hidup turut melakukan penataan dengan membersihkan dan mengangkut berbagai sampah yang ada di sekitar area pasar.

Penataan Pasar Sidikalang bagian dari rencana kerja 100 hari Pemerintah Kabupaten Dairi dipimpin Bupati Dairi Eddy Keleng Ate Berutu dan Wakil Bupati Dairi Jimmy AL Sihombing. (K05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments