Minggu, 09 Agu 2020

Pemkab Dairi Alokasikan Anggaran Penanganan Corona Rp 6 Milliar

redaksisib Sabtu, 11 April 2020 14:51 WIB
SIB/Tulus Tarihoran

FOTO BERSAMA: Sekda Dairi, Leonardus Sihotang dan Plt Direktur RSU Sidikalang foto bersama dengan Yesika Pasaribu pasien yang sembuh dari Covid-19, Rabu (8/4) di Sidikalang.

Sidikalang (SIB)
Pemerintah Kabupaten Dairi tahap pertama mengalokasikan anggaran penanganan pandemi virus corona (Covid-19) sebesar Rp 6 milliar.

Sekretaris Daerah Kabupaten Dairi, Leonardus Sihotang, Rabu (8/4) usai menyambut Yesika Pasaribu pasien sembuh corona tiba dari Medan mengatakan, anggaran itu untuk tahap awal sebesar Rp 6 miliar. Dana itu dari APBD yang diplot untuk BTT, sembari menunggu refocusing anggaran.

Anggaran itu masih digunakan untuk pembelian alat pelindung diri (APD) habis pakai, sesuai yang diajukan Dinas Kesehatan beberapa waktu lalu. Memang APD yang sudah datang masih sebagian. Ada beberapa jenis APD yang sulit didapatkan.

Penggunaan dana Rp 6 milliar belum bisa dirinci, karena penggunaannya masih dalam tahap proses. "Yang jelas dana itu sudah siap untuk digunakan," ucapnya.

Leonardus lebih lanjut mangatakan, stok APD di RSU Sidikalang masih cukup, sembari menunggu pengadaan datang. Termasuk rapid test masih tersedia, meski pun jumlahnya terbatas.

Rapid test yang ada, memang bantuan dari Provinsi Sumatera Utara sebanyak 170 unit dan sebagian sudah dipakai. Oleh karena itu, penggunaan rapid test harus efisien dan efektif. "Penggunaan rapid test hanya bagi yang prioritas saja," ucapnya.

Gugus Tugas Covid-19 Dairi tertutup dan susah memberikan informasi perkembangan penanganan corona, Juru Bicara Gugus Tugas yang dihunjuk dr Edison Damanik tidak pernah menjawab pertanyaan awak media terkait corona yang disebutkan hanya lewat whatsApp (WA), Leonardus mengatakan, Gugus Tugas sudah sepakat satu pintu untuk menyampaikan informasi penanganan corona di Dairi.

Ia mengaku penggunaan media milik Pemkab Dairi seperti website, facebook dan lainnya belum bisa cepat memberikan informasi terkini. "Kita tetap update data terkini terkait status ODP, OTG dan PDP," ucapnya.

Informasi diperoleh wartawan, APD yang dipesan Dinas Kesehatan Dairi masih sekitar 100 set yang datang. Tenaga kesehatan di RSU Sidikalang baru-baru ini, mengeluhkan minimnya jumlah APD dan tidak standar.(K05/d)
T#gs Leonardus SihotangAlokasikanAnggaranCoronaPemkab DairiSekretaris Daerah Kabupaten Dairi
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments