Sabtu, 08 Agu 2020
  • Home
  • Marsipature Hutanabe
  • Pemilik Akun Facebook Herbin Lumban Gaol Diperiksa di Polres Taput atas Dugaan Pencemaran Nama Baik Terhadap Kabiro Harian SIB Tapanuli Wilayah II

Pemilik Akun Facebook Herbin Lumban Gaol Diperiksa di Polres Taput atas Dugaan Pencemaran Nama Baik Terhadap Kabiro Harian SIB Tapanuli Wilayah II

Selasa, 12 Mei 2020 14:00 WIB
Foto SIB/Bongsu Batara Sitompul

Pemilik akun facebook Herbin Lumban Gaol yang dilaporkan oleh Kabiro Harian SIB Tapanuli Wilayah II Frans Simanjuntak atas dugaan pencemaran nama baik dimintai keterangan oleh penyidik Unit Tipiter Polres Tapanuli Utara. 

Tapanuli Utara SIB (SIB)
Pemilik akun facebook Herbin Lumban Gaol memenuhi panggilan Polres Tapanuli Utara untuk dimintai keterangan oleh penyidik Unit Tipiter, atas kasus dugaan pencemaran nama baik, terhadap Kabiro Harian SIB Tapanuli Wilayah II Frans Simanjuntak, Senin (11/5).
Herbin Lumban Gaol dimintai keterangan oleh penyidik Unit Tipiter Polres Tapanuli Utara.

Dalam postingan akun Facebook Herbin Lumban Gaol itu, ada tulisan menyatakan," saya pastikan yang menulis berita ini adalah wartawan abal- abal. Tidak bisa membedakan larangan dan himbauan. Atau sengaja diplesetkan untuk menimbulkan kegaduhan. Pemda Humbahas menghimbau mahasiswa dan perantau untuk tidak pulang dulu, bukan melarang. SIB sudah bisa disomasi oleh penerbitan berita ini".

Di akun tersebut ada juga foto koran Harian SIB yang diposting.
Atas postingan tersebut, Kabiro Harian SIB Tapanuli Wilayah II Frans Simanjuntak melaporkan pemilik akun facebook Herbin Lumban Gaol ke Polres Taput pada Senin (20/4) atas dugaan pencemaran nama baik.

Menurut keterangan dari Kapolres Taput melalui Kasubbag Humas Aiptu Pol Walpon Baringbing kepada SIB, dalam surat tanda terima laporan (STTLP) Polisi yang bernomor, STTLP / 69/ IV / 2020/ SI / SPKT / TU telah melaporkan tentang peristiwa Pidana UU Nomor 19 Tahun 2019 tentang perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik (ITE) Pasal 27 ayat 3 Jo Pasal 45 ayat 3.

"Si pemilik akun facebook bernama Herbin Lumban Gaol (39) warga Kecamatan Pollung Kabupaten Humbahas. Terlapor kita periksa masih sebagai saksi," jelasnya.

Baringbing juga menyatakan, pihaknya masih akan mendatangkan tim ahli bahasa dan ITE dari USU. Bila sudah ada keterangan dari tim ahli tersebut, pihaknya melakukan gelar perkara. (G02/p)


T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments