Minggu, 09 Agu 2020

Pemerintah Nagori Marihat Raja Bagikan 60 Kg Racun Tikus ke Petani

redaksisib Rabu, 06 Mei 2020 13:12 WIB
Dok Pemerintah Nagori Marihat Raja

RACUN TIKUS: Kepala Desa Marihat Raja Haposan Sidabutar membagikan racun tikus kepada petani padi di Nagori Marihat Raja Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun, Selasa (5/5). 

Tiga Dolok (SIB)
Pemerintah Nagori (desa) Marihat Raja Kecamatan Dolok Panribuan Simalungun membagikan 60 kilogram racun tikus kepada petani untuk digunakan membasmi hama tikus yang kerap menjadi penyebab utama gagal panen setiap tahunnya.

"Sekitar 30 hektar tanaman padi di dua hamparan sawah di Nagori Marihat Raja sedang bunting dan butuh perlindungan dari serangan hama tikus yang kerap menjadi penyebab gagal panen. Untuk itu, kita meracik dan membagikan racun tikus agar dimanfaatkan membasmi populasi tikus yang semakin meningkat," ujar Kepala Desa Haposan Sidabutar ke SIB melalui selulernya, Selasa (5/5).

Dikatakan Sidabutar, pembagian racun tikus merupakan aspirasi kepala desa kepada para petani karena beberapa tahun terakhir populasi tikus menjadi permasalahan dan kekuatiran bagi petani karena tikus hama paling ganas menyerang tanaman padi dan penyebab utama gagal panen.

"Cara pemakaian racun tikus yang diracik dari kerang kecil bercampur racun tikus pospit sangat sederhana, hanya diletakkan di atas pematang dan pinggiran sawah sebanyak 4-5 biji kerang dan disiangi agar racun yang melekat pada kerang tidak tergerus air hujan dan tahan untuk satu minggu dan tentu harus rutin dipasang," kata Sidabutar.

"Keberhasilan racun tikus ini dapat membasmi hama tikus 80 persen hingga tanaman padi dapat dipanen," kata Sidabutar. (S12/c)
T#gs Nagori Marihat RajapetaniRacun TikusTiga Dolok
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments