Selasa, 19 Nov 2019

Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan Dihadiri Belasan Ribu Pomparan

bantors Senin, 14 Oktober 2019 15:21 WIB
SIB/Posma Simorangkir
IRINGI: Panitia partangiangan Borsak Mangatasi Nababan, boru, bere/ibebere se-Tapanuli mengiringi Nikson Nababan usai dibulang-bulangi untuk memberikan sambutan selaku anak yang juga Bupati Tapanuli Utara pada acara partangiangan, Minggu (13/10) di lapangan Oppu Gaja Nababan di Siborongborong, Tapanuli Utara.
Siborongborong (SIB) -Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan, boru, bere/ibebere se-Tapanuli dilangsungkan di lapangan Oppu Gaja Nababan di Siborongborong, Tapanuli Utara, Minggu (13/10).

Belasan ribu pomparan Borsak Mangatasi Nababan menghadiri partangiangan ucapan syukur atas perjalanan punguan yang telah mamasuki 64 tahun. Selanjutnya mohon berkat Tuhan Yang Maha Kuasa untuk seluruh pomparan pada hari-hari berikutnya.

Partangiangan Borsak Mangatasi Nababan pertama kali dilaksanakan 64 tahun lalu, tepatnya 13 Oktober 1955. Diyakini, sejak partangiangan pertama tersebut, maka pomparan Borsak Mangatasi Nababan semakin terberkati hingga banyak yang terpelajar, berhasil dan mendapat kepercayaan untuk berbagai jabatan.

Pdt Paian Nababan (Pendeta Resort GKPI Hutabarat Tarutung) dalam kotbahnya menyampaikan jiwa berdamai layak mendapat keberhasilan.

"Pada 64 tahun lalu, pomparan Borsak Mangatasi Nababan telah berdamai dengan melaksanakan partangiangan. Buah damai tersebut nyata terlihat yaitu berbagai keberhasilan yang diperoleh pomparan Nababan," sebutnya.

Paian menyampaikan berkat-berkat yang diterima pomparan Nababan terlihat dalam kehidupan dengan lahirnya tokoh-tokoh di antaranya sebagai pimpinan gereja, anggota DPR RI, DPRD, bupati dan berbagai jabatan lainnya.

Ia menuturkan, dalam kepercayaan Kristiani diyakini makna kelahiran Tuhan Yesus adalah untuk membawa damai. Begitu juga saat Yesus bangkit, maka yang disampaikan kepada murid-muridnya adalah damai. Karena misi Allah adalah memberikan damai untuk bumi dan seluruh isinya.

Karenanya ia berharap damai senantiasa hadir di tengah-tengah pomparan Borsak Mangatasi Nababan agar berkat-berkat Tuhan terus berlanjut.

Sementara itu Nikson Nababan selaku anak Borsak Mangatasi Nababan yang juga Bupati Taput menyampaikan partangiangan yang dilaksanakan menjadi permohonan berkat bagi seluruh pomparan Nababan.

Ia meminta doa seluruh pomparan agar dimampukan Tuhan selaku pemimpin di Tapanuli Utara untuk mengerjakan semua amanah undang-undang dan janji yang disampaikan mewujudkan pembangunan demi kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat.
"Kita juga harus mensyukuri saat ini selain saya sebagai Bupati Taput ada juga anggota DPRD Taput marga Nababan yaitu Andre Nababan dan Rudi Nababan. Ada juga pimpinan OPD dan pejabat lainnya," sebutnya.

Pada kesempatan itu, Nikson Nababan dibulang-bulangi panitia dan pengurus partangiangan Borsak Mangatasi Nababan sebagai bentuk penghormatan selaku anak Nababan yang berhasil menjadi pemimpin di Bona Pasogit terutama menjadi bupati dua periode.
Pengurus juga menyalurkan beasiswa kepada putra/putri pomparan yang berprestasi dalam pendidikan mulai tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan mahasiswa S1, S2 dan S3.

Ada sebanyak 358 orang penerima beasiswa terdiri dari SD 210 orang, SMP 61 orang, SMK 3 orang, SMA 20 orang dan mahasiswa S1, S2, S3 64 orang.

Ketua umum partangiangan Liberti Nababan (Kumis) didampingi Sekretaris Mardostahi Nababan dan Bendahara Josua Situmeang menyampaikan terimakasih kepada seluruh pomparan dan pihak-pihak yang terlibat dalam kepanitiaan hingga suksesnya kagiatan. (BR7/q
T#gs Borsak Mangatasi Nababan
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments