Rabu, 23 Okt 2019

Partai Hanura Belum Tunjuk Wakil Ketua DPRD Humbahas

* Jadwal Rapat Paripurna Pelantikan Pimpinan Dewan Defenitif Belum Diketahui
admin Kamis, 10 Oktober 2019 21:02 WIB
Ilustrasi
Humbahas (SIB) -Sudah satu pekan lebih, anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Humbang Hasundutan (Humbahas) periode 2019-2024 dilantik oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Tarutung Zefri Mayeldo Harahap. Namun hingga saat ini pelantikan pimpinan dewan defenitif belum dapat dilaksanakan berhubung salah satu partai pemenang yang berhak menduduki kursi wakil ketua yaitu Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) belum menyerahkan surat rekomendasi penghunjukan nama untuk diusulkan kepada Gubernur Sumatera Utara.

Hal itu dibenarkan oleh Sekretaris DPRD Humbahas Drs Parlindungan Simamora MM melalui Kabag Persidangan Tarianus Simatupang ketika dikonfirmasi SIB di kantornya, Selasa (8/10).

Dia mengatakan, jika dalam minggu ini Partai Hanura juga belum juga menghunjuk nama wakil ketua dewan sementara, maka DPRD Humbahas akan menyerahkan dua nama pimpinan dewan sementara yang sebelumnya sudah dihunjuk partai masing-masing yaitu Ramses Lumban Gaol sebagai ketua sementara dari PDI Perjuangan dan Marolop Manik sebagai wakil ketua dari Partai Golkar kepada Gubernur Sumatera Utara untuk selanjutnya dijadwalkan acara pelantikan oleh Ketua Pengadilan Negeri Tarutung.

"Sampai saat ini Partai Hanura belum menghunjuk siapa nama untuk menjadi wakil ketua dari mereka. Memang sudah kita surati. Tapi belum ada jawaban. Namun jika dalam minggu ini belum juga mereka serahkan, kemungkinan besar, kedua pimpinan sementara yang akan kita usulkan ke gubernur. Kita lihat sajalah nanti," kata Tarianus.

Disinggung mengenai adanya isu upaya untuk mengganti salah satu nama pimpinan sementara dewan dari Partai Golkar oleh sejumlah oknum penguasa di daerah itu, Tarianus mengaku tidak mengetahui informasi tersebut, dan menegaskan hingga saat ini nama Marolop Manik masih menjadi pimpinan sementara dewan dari Partai Golkar untuk diusulkan kepada Gubernur. "Kalau mengenai informasi itu, saya kurang tahu. Lagian itu merupakan kewenangan penuh dari partai yang bersangkutan. Kita tidak berani mencampurinya," pungkasnya.

Terpisah, Ketua DPC Partai Hanura Humbahas Irwan Simamora SH, ketika dikonfirmasi SIB via selulernya membenarkan kalau partainya belum merekomendasikan nama untuk posisi wakil ketua DPRD Humbahas. Namun dia menegaskan, kalau pengusulan nama itu sudah dibahas di tingkat pengurus DPP Partai Hanura dan tinggal menunggu terbitnya surat rekomendasi tersebut.

"Benar surat rekomendasinya (penghunjukan nama wakil ketua sementara) belum turun dari DPP. Dan Sekwan sudah menyurati kami (Hanura, red) untuk menyerahkan namanya sampai hari Kamis, 10 Oktober ini. Dan kami sudah teruskan suratnya ke DPD dan DPP dalam bentuk komunikasi WA (WhatsApp) messenger. Kita tunggulah. Mungkin karena kesibukan DPP dalam persiapan Munas, jadi banyak turun ke daerah-daerah. Namun dalam waktu dekat itu akan turun. Karna itu memang sudah dibahas di DPP Hanura," katanya.

Ketika ditanya siapa-siapa saja nama-nama anggota DPRD Humbahas yang diusulkan oleh DPC Hanura untuk menduduki posisi wakil ketua ke DPD dan DPP, anggota DPRD Provinsi Sumatera ini mengaku pihaknya mengusulkan semua anggota DPRD yang sudah dilantik yaitu Roberto Manullang, Labuan Sihombing, Martini Purba dan Sanggul Rosdina Manalu.

"Semua nama anggota DPRD Hanura yang sudah dilantik kita sampaikan sesuai PO disertai analisa dari DPC. Namun semua keputusan ada di tangan DPP," pungkasnya. (BR8/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments