Minggu, 18 Agu 2019

Pangulu Dolok Marlawan Ajak Petani Masuk Peserta AUTP

admin Jumat, 12 Juli 2019 12:51 WIB
Ilustrasi
Tiga Balata (SIB) -Pangulu Dolok Marlawan Kecamatan Jorlang Hataran Simalungun Bernard Sihombing mengajak para petani agar masuk menjadi peserta Asuransi Usaha Tani Padi (AUTP). Jika terjadi kerusakan pada tanaman akibat hama tikus dan bencana lainnya yang merugikan hingga 80 %, petani dapat ganti rugi.

Demikian diungkapkan Bernard di kantor kepala Desa Dolok Marlawan Jalan Parapat Simalungun, Rabu (11/7). Bernard mengatakan, saat ini 20 petani dari 8 kelompok tani di desa binaannya sudah masuk menjadi peserta AUPT dan sudah merasakan manfaat AUPT ketika tanaman padi terkena hama tikus hingga diprediksi kehilangan panen mencapai 80 persen pada musim tanam 2018 yang lalu.

"Beberapa petani padi di Nagori Dolok Marlawan sudah pernah merasakan manfaat jadi peserta AUPT ketika petani mengalami gagal panen, dengan kerusakan tanaman padi 80 % dengan membayarkan premi Rp 36.000 perhektar tanaman padi permusim, mendapatkan klaim asuransi Rp 6 juta perhektar, ini kan sangat membantu petani," ungkapnya.

Dikatakannya, saat ini sebanyak 50 petani sudah diajak dan diajukan menjadi peserta AUPT agar tanaman padi dapat diasuransikan untuk mengantisipasi kerugian petani bila sewaktu-waktu mengalami gagal panen.

Sementara Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Jorlang Hataran Hisar Nababan menyampaikan, agar petani mendaftarkan diri jadi peserta AUPT melalui kelompok tani, usia tanaman padi tidak lebih dari 30 hari semenjak ditanam dan melaporkan ke PPL setempat. "Kita berharap petani dapat mengasuransikan tanaman padi mereka untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan," katanya. (S12/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments