Senin, 16 Sep 2019

Panen Asam Gelugur Dorong Pendapatan Masyarakat Sosopan

admin Jumat, 23 Agustus 2019 11:50 WIB
SIB/Ashari Hasibuan
JEMUR: Agen asam gelugur, Tiamina Pulungan menjemur asam gelugur olahannya di pekarangan rumahnya di Desa Hutabaru Siundol, Kecamatan Sosopan, Rabu (21/8).
Sosopan (SIB) -Musim panen asam gelugur di Desa Hutabaru Siundol dan sejumlah desa tetangganya di Kecamatan Sosopan, Kabupaten Padanglawas (Palas), meningkatkan pendapatan masyarakat di daerah tersebut. Saat ini, harga asam gelugur basah (bulat) di tingkat agen sekitar Rp 1.000 per kilogram. Sedangkan harga asam gelugur kategori kering (sudah diolah), sekitar Rp 10. 000 per kilogram.

"Musim panen asam gelugur saat ini sangat membantu pendapatan masyarakat di desa ini," kata Kepala Desa Hutabaru Siundol Irpan Sukri kepada SIB melalui telepon, Rabu ( 21/8).

Dia juga berharap ke depan ada kenaikan harga asam glugur. Ia juga berharap pemerintah memberi perhatian terhadap peralatan modern untuk pengolahan asam gelugur, seperti mesin untuk pengolahan dan mesin pemanas pengganti cahaya matahari untuk musim hujan.

"Masyarakat sangat berharap adanya bantuan peralatan pengolahan asam gelugur dari pemerintah, seperti peralatan mesin pemanas. Kalau ada alat itu (mesin pemanas), mereka bisa menjual asam gelugur kering meski musim hujan," katanya. (G07/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments