Senin, 22 Apr 2019

PLN Sumut Resmikan 8 Kampus Yantek di Aekkanopan

admin Kamis, 14 Februari 2019 13:57 WIB
SIB/Dok
PERESMIAN: GM PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto dan Bupati Labura H Kharuddin Syah dan lainnya saat peresmian Kampus Yantek di Aek Kanopan, Labura, Selasa (12/2).
Aek Kanopan (SIB) -PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah (UIW) Sumatera Utara meresmikan 8 Kampus Yantek (pelayanan teknik) yang tersebar di 8 PLN Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) di Sumut.

Peresmian 8 Kampus Yantek PLN UIW Sumut itu dipusatkan di Kantor PLN ULP Aek Kanopan, Labuhanbatu Utara (Labura), Selasa (12/2), bersamaan dengan peresmian Kampus Yantek PLN UP3 Rantauprapat oleh General Manager PLN UIW Sumut Feby Joko Priharto bersama Bupati Labura H Kharuddin Syah.

Turut menyaksikan peresmian itu, di antaranya Wakil Bupati Labura Dwi Perantara, Direktur Utama PT Haleyore Power Ahmad Taufiq, para Senior Manager PLN UIW Sumut dan para Manager PLN UP3 di Sumut.

Feby Joko Priharto mengatakan, Kampus Yantek dibangun sebagai simulasi untuk pekerjaan pembangunan, pengawasan dan pengoperasian jaringan distribusi, sebab seluruh pekerjaan tersebut harus mengikuti aturan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).
Fasilitas di Kampus Yantek terdiri dari Jaringan Tegangan Menengah (JTM) konstruksi, peralatan switching dan gardu hubung), gardu distribusi, jaringan tegangan rendah hingga fasilitas alat pembatas pengukuran di rumah-rumah.

"Kampus Yantek dibangun sebagai upaya meningkatkan pemahaman dan kompetensi pegawai PLN, pegawai alih daya, mahasiswa dan siswa magang di PLN," ujar Feby.

Feby mengatakan harapan PLN bersinergi dengan Pemko/Pemkab untuk memanfaatkan Kampus Yantek untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman siswa Sekolah Menengah Kejuruan dan non kejuruan. Karena itu, diperlukan peningkatan kompetensi yang berkelanjutan dan sertifikasi kompetensi khususnya bagi pelayanan teknik.

Saat ini PLN UIW Sumut memiliki 2.662 petugas pelayanan teknik. Dari jumlah itu, sebanyak 2.521 petugas sudah bersertifikat dan 141 petugas yang belum bersertifikat. Secara periodik, petugas Yantek yang belum bersertifikat ini diberikan training.

Manager UPT Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) PLN Tuntungan Heldbert Tampubolon mengatakan, kampus Yantek merupakan wujud dari upaya menyegarkan kompetensi petugas Yantek.

Sebelumnya, Manager UP3 PLN Rantauprapat Rizal Azhari mengatakan Kampus Yantek PLN ULP Rantauprapat, dibangun awal Desember 2018 dan rampung lebih cepat dari target akhir Februari 2019. (rel/A01/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments