Kamis, 20 Jun 2019

PAD Batubara Berpotensi Hilang Rp 100 Juta di Pantai Sujono

* Kabid Pariwisata : Ada Izin yang Belum Lengkap
admin Rabu, 12 Juni 2019 13:12 WIB
Pagurawan (SIB) -Pemerintah Kabupaten Batubara berpotensi kehilangan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari sektor wisata sekitar Rp 100 juta di Pantai Sujono Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras yang dikelola Koperasi Jasa Masyarakat Pantai Jono.

Hal itu dikatakan sekretaris merangkap Manager Koperasi Jasa Masyarakat Pantai Jono Sami'an kepada SIB, Minggu (9/6).
Menurut Sami'an, koperasi yang mereka kelola telah mengantongi izin dari berbagai pihak terkait wisata dan mereka berhak mengelola Pantai Sujono seluas 10.12 hektare.

Sami'an mengatakan, sebelumnya pada 5 Mei 2019, pihaknya telah menjual karcis Rp 10 ribu untuk tiket masuk dengan rincian Rp 3 ribu untuk PAD Rp 7 ribu untuk biaya operasional. Selanjutnya pada 29 Mei 2019, pihaknya mengajukan untuk mendapatkan karcis dan telah disampaikan kepada Disporapar dan Dispenda. "Karcis sudah dikeluarkan Dispenda dan diserahkan kepada Disporapar. Dispenda meminta kepada kami untuk mengambil karcis tersebut dari Disporapar, namun Disporapar menahan karcis tersebut," katanya.

Menurut Sami'an, Disporapar menahan karcis tersebut karena belum menerima surat rekomendasi dari Dinas Perizinan. Oleh karena itu, koperasi meniadakan kutipan retribusi kuatir dituduh pungli.

Kabid Pariwisata Disporapar Ronald Siahaan ketika ditemui SIB Senin (10/6), mengatakan, tidak betul Disporapar menghalangi Koperasi Jasa Masyarakat Pantai Jono untuk mengelola pantai, namun karena masih ada izin yang belum lengkap maka karcis ditahan untuk sementara menunggu kelengkapan surat. "Jadi jangan hal ini dipelesetkan ke politik," kata Ronald. (A14/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments