Kamis, 20 Jun 2019

Nyaris Putus, Jalan Menuju Desa Juma Gerat Dairi Kembali Amblas

admin Rabu, 12 Juni 2019 12:52 WIB
SIB/ Tulus Tarihoran
NYARIS PUTUS: Jalan kabupaten menuju Desa Juma Gerat Kecamatan Tigalingga Dairi nyaris putus. Terlihat pengendara berhati-hati saat melintas, Selasa (11/6) di Desa Juma Gerat.
Sidikalang (SIB) -Jalan kabupaten menuju Desa Juma Gerat Kecamatan Tigalingga, Dairi nyaris putus akibat badan jalan amblas.

Hal itu disampaikan warga setempat Parlin Simamora dan Roma boru Siburian kepada wartawan, Selasa (11/6) dikatakannya, badan jalan amblas akibat diguyur hujan dua minggu terakhir. Amblasnya badan jalan itu sudah yang ketiga kalinya dalam empat tahun terakhir. "Badan jalan itu diperbaiki sekitar tahun 2017, tetapi kembali amblas," ucapnya.

Bila hujan, air dari dua arah bermuara di lokasi itu, sehingga badan jalan tergenang hingga akhirnya amblas. Padahal sudah dibangun pakai gorong- gorong dan bronjong. Tetapi tetap juga bisa rusak.

Akibatnya, kendaraan roda empat tidak bisa melintas dari lokasi itu. Karena badan jalan yang tersisa hanya beberapa centi meter dan bahu jalan. "Hanya pengendara yang nekat bisa melintasi jalan tersebut," ucap mereka.

Akses itu merupakan penghubung 8 dusun di desa itu. Saat ini, warga kesulitan untuk melangsir hasil pertanian. Saat ini, di desa itu sedang musim panen jagung. "Warga tidak lagi membawa jagung ke rumahnya, karena jalan itu tidak bisa dilalui kendaraan roda empat bermuatan berat," kata Parlin.

Parlin lebih lanjut mengatakan, jalan menuju Dusun Lau Pangguh Desa Juma Gerat juga putus total, tetapi supaya bisa dilintasi warga bergotong- royong buat jembatan darurat dari kayu. "Saat ini, jalan itu sudah bisa dilintasi kendaraan roda empat dengan jembatan kayu," ucapnya.

Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang (PUPR) Dairi Frianto Naibaho saat dikonfirmasi lewat telepon membenarkan badan jalan menuju Desa Juma Gerat itu diperbaiki tahun 2017, dimana badan jalan itu sebelumnya juga amblas. "Belum ada informasi terkait badan jalan itu amblas kembali. Coba nanti dicek ke lokasi," ucapnya.(K05/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments