Kamis, 17 Okt 2019

Menko Kemaritiman Bertemu Masyarakat Motung Ajibata

* Satukan Persepsi Percepatan Pembangunan Lahan BODT
admin Selasa, 10 September 2019 15:50 WIB
Tobasa (SIB) -Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan, bertemu masyarakat keturunan Oppu Ondol Butarbutar, di Auditorium IT Del Laguboti, Sabtu (8/9), guna menyatukan persepsi terkait percepatan pembangunan pariwisata di lokasi lahan Badan Otorita Danau Toba (BODT) di Motung, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir.

Sekretaris Daerah Tobasa, Audi Murphy Sitorus yang juga ketua panitia penyelesaian sengketa lahan pembangunan BODT yang ikut dalam pertemuan tersebut yang dihubungi SIB, Minggu (8/9), membenarkan adanya pertemuan tersebut.

Menurutnya, pertemuan tersebut untuk percepatan pembangunan kepariwisataan kawasan Danau Toba, khususnya pembangunan di lahan seluas 386,5 hektare yang diberikan kepada pihak BODT.

Pada pertemuan itu, kata Sekda, Menko Kemaritiman menyampaikan masyarakat tidak akan dirugikan dengan pembangunan tersebut. Nantinya ganti rugi atas tanaman yang terkena pembukaan jalan akan diberikan setelah adanya tim penilai harga.

Menko juga meminta masyarakat keturunan Oppu Ondol Butarbutar mendukung pembangunan pariwisata di daerah Motung. Menurut Sekda, dalam pertemuan tersebut Menko menjamin masyarakat tidak ada yang dirugikan.

"Yang penting hak mereka diberikan sesuai ketentuan yang ada," ujar Sitorus.

Sesuai dengan yang disampaikan Sekda, perbedaan pendapat antara BODT dengan keturunan Oppu Ondol Butarbutar terkait klaim lahan yang disampaikan keturunan Oppu Ondol Butarbutar seluas 120 hektare yang ikut diserahkan Kementerian Kehutanan kepada BODT. Mereka mengklaim sebagai tanah ulayat dari Oppu Ondol Butarbutar. Padahal Kementerian Kehutanan menyebutkan, lahan tersebut kawasan hutan. (H01/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments