Selasa, 10 Des 2019

Memperlancar BM Barang, Pelindo 1 Operasikan Crane Dermaga di Pelabuhan Sibolga

admin Selasa, 04 Desember 2018 19:03 WIB
Belawan (SIB)- Untuk memperlancar kegiatan bongkar muat (BM) barang di dermaga Pelabuhan Sibolga, PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) 1, sejak Senin (3/12) mulai mengoperasikan Crane Dermaga (Fix Crane).

Pengoperasian perdana Crane Dermaga tersebut ditandai dengan pelaksanaan BM peti kemas sebanyak 342 unit berisikan berbagai jenis barang di antaranya barang kebutuhan pokok masyarakat dan semen dari Kapal Motor (KM) Lumoso Bahagia yang sandar di Dermaga Multi Purpose Pelabuhan Sibolga.
Hal tersebut dikatakan, Ka Humas PT Pelindo 1, Fiona Sari Utami kepada wartawan melalui siaran persnya, Senin sore.

Lebih lanjut dikatakannya, pengoperasian Fix Crane tersebut, diharapkan dapat meningkatkan produktivitas kecepatan arus bongkar muat.

Selama ini, bongkar muat barang dilakukan menggunakan ship crane atau crane kapal dengan produktivitas rata rata 8 B/C/H (Box/Crane/Hour) dan setelah beroperasinya Fix Crane, kapasitas bongkar muat dapat ditingkatkan menjadi 14 B/C/H. 

"Pemasangan dan pengoperasian Fix Crane di Pelabuhan Sibolga merupakan upaya Pelindo 1 dalam mewujudkan visi maritim pemerintah membangun konektivitas antar pulau untuk meningkatkan kemandirian ekonomi dengan mengoptimalkan sumber daya maritim, sejalan dengan misi Pelindo 1 menyediakan jasa kepelabuhanan yang terintegrasi, berkualitas dan bernilai tambah untuk memacu pertumbuhan ekonomi wilayah," ujar Ka Humas Pelindo 1.

Disebutkan, sesuai PP No 61 tahun 2009 tentang kepelabuhanan, serta Perpres  No 26 tahun 2012 tentang Cetak Biru Pengembangan Pelabuhan Nasional, serta Permenhub No KP 432 Tahun 2017, tentang rencana induk pelabuhan nasional, Pelabuhan Sibolga telah ditetapkan sebagai pelabuhan pengumpul.

Pelabuhan Sibolga memiliki panjang dermaga multipurpose 296 meter dan luas lapangan penumpukan 6.060 M2, dapat menampung petikemas hingga 30.000 teus/tahun, didukung dengan peralatan bongkar muat berupa 1 unit Fix Crane dan 1 unit reach staker yang sudah beroperasi dan untuk meningkatkan kapasitasnya.

Pihak Pelindo 1 juga menginformasikan, selain pengoperasian fix crane, Pelindo 1 juga telah menyelesaikan perluasan dermaga multipurpose, dan perluasan dermaga ferry, serta revitalisasi terminal penumpang dan pembangunan skybridge yang menghubungkan dermaga ferry dengan terminal penumpang. 
Pengembangan dan penataan terminal penumpang Pelabuhan Sibolga bukan hanya untuk meningkatkan pelayanan publik jasa transportasi, juga mendukung serta meningkatkan sektor kepariwisataan daerah, terutama di Kota Sibolga dan Kabupaten Tapanuli Tengah sekitarnya. (A8/f)

Editor: admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments