Selasa, 19 Nov 2019

Masyarakat Diminta Awasi Pangkalan Jual LPG 3 Kg Diatas HET

bantors Sabtu, 19 Oktober 2019 14:11 WIB
SIB/Tulus Tarihoran
BERI KETERANGAN: Direktur PT Maholimo Katosine Gasindo didampingi Papun Depari beri keterangan terkait LPG 3 Kg yang dijual diatas HET, Jumat (18/10) di Sidikalang.
Sidikalang (SIB) -Pangkalan diminta tidak menjual elpiji 3 kilogram (Kg) melampaui harga eceran tertinggi (HET). Bila ada, silahkan konsumen melapor ke agen.

Demikian disampaikan Direktur PT Maholimo Karosine Gasindo, Naser Situmeang didampingi Direktur Operasional, Papun Depari, Jumat (18/10) di Sidikalang. Disebutnya, PT Maholimo Karosine Gasindo salahsatu agen elpiji 3 Kg wilayah kerja Kabupaten Dairi. PT Maholimo Karosine Gasindo membawahi 24 pangkalan di Dairi. Agen menjual elpiji 3 Kg ke pangkalan seharga Rp 15 ribu per tabung.

"Kita tidak pernah menjual gas 3 Kg ke pangkalan di luar HET. Hal itu bisa dibuktikan, karena pangkalan untuk membayar melalui transfer rekening. Tingginya harga gas 3 Kg di tingkat pengecer di luar tanggungjawab agen. Kita melakukan pengawasan hanya tingkat pangkalan," ucapnya.

Dijelaskan, sesuai aturan, pangkalan diperkenankan menjual barang subsidi itu langsung ke konsumen sebanyak 60 persen dan 40 persen lagi bisa dijual ke tingkat pengecer. Namun, pengecer hanya bisa membeli maksimal 5 tabung per hari. Di luar itu sudah menyalahi.

"Terkadang pangkalan ini, sering ingin mencari untung sebesar-besarnya," ucapnya. Naser mengaku sudah beberapa kali memberikan sanksi pada pangkalan di bawah binaannya. Saat ini, ada beberapa pangkalan yang alokasinya distop sementara.

Agen tidak bisa 100 persen mengawasi pangkalan. Untuk itu, masyarakat diminta yang membeli gas 3 Kg dari pangkalan di luar HET silahkan dilapor ke agen," ucapnya.

Alokasi tabung gas 3 Kg dari PT Maholimo Karosine Gasindo ke Dairi sebanyak 4 kali sebanyak 560 tabung. Ia menyarankan konsumen membeli barang subsidi itu ke pangkalan, supaya sesuai HET. (K05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments