Rabu, 23 Okt 2019

Peningkatan Produksi

Manager PTPN3 Kebun Sei Kebara Inspeksi Angkutan TBS

admin Kamis, 10 Oktober 2019 20:45 WIB
Torgamba (SIB) -Manajemen PTPN3 Kebun Sei Kebara dengan Serikat Pekerja Perkebunan (SPBun) Basis Kebun Sei Kebara melaksanakan program inspeksi terhadap sistem pengangkutan TBS dari lingkungan kebun ke Pabrik Kelapa Sawit (PKS), guna meningkatkan produksi Tandan Buah Segar (TBS) kelapa sawit.

Inspeksi dipimpin Manager PTPN3 Kebun Sei Kebara Yayas AK Tarigan. Kegiatan itu dilakukan dengan cara pengendapan dan penyamaran, termasuk kendaraan yang digunakan sehingga tidak dikenali sopir truk pengangkut TBS.

Kepada SIB, Rabu (9/10), Yayas mengatakan, inspeksi dilakukan karena informasinya selama ini TBS kelapa sawit hasil Kebun Sei Kebara di Desa Torgamba, Kecamatan Torgamba kerap dipangkas (dicuri), dalam perjalanan menuju PTPN3 PKS Sisumut, Desa Sisumut, Kecamatan Kotapinang.

"Sudah tiga bulan kegiatan ini dilaksanakan. Tiga kali saya mengendap dan menyamar, termasuk menyamarkan kendaraan dinas, agar tidak dikenali para sopir. Inspeksi dilakukan mulai dari kawasan kebun di Desa Torgamba hingga ke PKS di Desa Sisumut," katanya.

Hasilnya kata dia, sejak dilakukan inspeksi, terjadi peningkatan produksi yakni, dari 300 ton per hari menjadi 600 ton hingga 700 ton per hari, sejak Juni hingga Agustus. Yayas mengatakan, inspeksi serupa akan terus dilaksanakan untuk mempersempit ruang gerak para pelaku pemangkasan TBS kelapa sawit.

"Inspeksi ini merupakan kegiatan dinas dan telah diketahui Distrik Labuhanbatu II (DLab2) PTPN3," katanya.

Yayas mengakui, sejak dilakukan kegiatan ini, ada pihak-pihak yang merasa dirugikan dan selalu membuntuti kehidupan pribadinya. Menurutnya, ulah oknum-oknum tersebut telah mengganggu privasinya. (L06/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments