Minggu, 09 Agu 2020

Lurah Sarimatondang : Sebut Anggaran Penanggulangan Covid-19 di Kelurahan Tidak Ada

Selasa, 07 Juli 2020 12:08 WIB
©2020 Liputan6.com/Angga Yuniar

Ilustrasi Tes Cepat Covid 19 

Sidamanik (SIB)
Lurah Sarimatondang Rita Tambunan SH mengatakan, anggaran penanggulangan Covid-19 di Kelurahan tidak ada. Demikian disampaikannya kepada SIB, Senin(6/7).

Rita menuturkan mulai dari penyemprotan disinfektan, penyediaan tempat cuci tangan, masker kain, sembako semua dari Gugus Tugas Simalungun.

“Kemudian rapid test juga sudah dua kali dilaksanakan Dinas Kesehatan Simalungun. Jadi semuanya dari Gugus Tugas Simalungun, kita hanya melaksanakan saja di lapangan,” kata Rita.

Sementara itu, apabila ada warga dari daerah lain yang datang, pihaknya berkoordinasi dengan bidan desa untuk melakukan pemantauan sampai 14 hari.

Lurah juga memberikan imbauan langsung ke masyarakat terkait pembuatan cuci tangan di depan usaha masing-masing. Kalau ada yang meninggal pihaknya kordinasi dengan Babinsa dan Babinkamtibmas mengunjungi agar tetap melakukan protokol kesehatan. Seperti itulah yang dilakukan selama ini.

“Meski demikian, untuk bantuan langsung tunai kelurahan tidak ada sama sekali. Jadi apabila kelurahan butuh harus buat permohonan dulu ke gugus tugas melalui Pemerintah Kecamatan,” paparnya.

Terpisah, Camat Sidamanik Juliana F Simarmata MSi ketika diminta keterangan terkait anggaran penanggulangan Covid-19 di kelurahan mengatakan, tidak ada.

Penanggulangan Covid kalau untuk penyemprotan, langsung dari Gugus Kabupaten Simalungun, juga dari PTPN IV, bantuan juga dari donatur contoh seperti OKP, PPSI, PP dan Karang Taruna. Semua turut berpartisipasi karena tidak ada anggaran kelurahan.

"Jadi apabila ada yang dibutuhkan Kelurahan untuk penanggulangan Covid-19, kita bermohon ke gugus kabupaten seperti pendistribusian tempat cuci tangan dan masker kain, maupun penyemprotan," kata Juliana. (S13/d)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments