Sabtu, 25 Mei 2019

Lampu Merah Simpang Empat Sidikalang Dipasang CCTV

admin Sabtu, 18 Mei 2019 11:35 WIB
SIB/Dok
MEMUTAR: Seorang ibu-ibu pengendera sepeda motor nekat menerobos dan memutar balik dipersimpangan lampu merah, Rabu (15/5).
Sidikalang (SIB) -Lampu merah Simpang Empat Sidikalang, tepat di Jalan Sisingamangaraja bawah, Dairi sudah dipasang CCTV. Benda mirip kamera pengintai tersebut terpasang di tiang lampu lalu lintas yang ada di jalan tersebut.

Demikian disampaikan Kasat Lantas Polres Dairi AKP Pittor Gultom kepada wartawan SIB, Rabu (15/5) di ruang kerjanya. Diakuinya, CCTV tersebut terpasang sejak Kamis (9/5) dan tersambung langsung ke markas Ditlantas Polda Sumut

"Lebih kurang 1 minggu ini sudah terpasang dan titik pantauannya langsung terhubung ke Polda. Pemasangan ini memang masih uji coba dalam sebulan ini, namun jika nanti sudah efektif jika ada pengendara yang melanggar akan segera diberi sanksi," ujarnya.
Gultom menerangkan, kamera pengawas tersebut berguna untuk memantau kepatuhan masyarakat berlalulintas. Pemasangan kamera pengawas tersebut juga sudah dimulai di kota-kota besar, seperti Jakarta, Surabaya dan Medan.

"Tak sekadar memantau. Apabila nanti tiba waktunya berlaku efektif, setiap pengendara yang kedapatan melanggar aturan lalu lintas, terutama yang kasatmata seperti tidak menggunakan helm atau sabuk pengaman, menerobos lampu lalu lintas, dan melawan arus, akan didatangi petugas untuk diberikan surat tilang. Data pengendara ditelusuri dari plat TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor)-nya," tambahnya.

Pantauan SIB, Rabu (15/5) diseputaran Jalan Sisingamangaraja tepat disimpang empat pemasangan CCTV lampu merah, walau sudah/masih menunjukkan warna merah, banyak warga yang nekat melanggar.

Beberapa pengendara yang ditemui mengaku sudah melihat kamera pengawas, akan tetapi tetap nekat menerobos lantaran situasi jalan lengang dan ingin cepat sampai tujuan. "Kan situasi jalan kosong, makanya ngapain menunggu lama," ujar seorang pengendara sepedamotor penerobos lampu merah yang ditemui hari. (K06/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments