Minggu, 16 Jun 2019

Korpri Asahan Harus Mampu Merespon Berbagai Tantangan Pembangunan Secara Konstruktif

admin Selasa, 11 Juni 2019 17:54 WIB
Sesuai anggaran dasar Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri), pembangunan yang dilaksanakan bangsa Indonesia dalam rangka mengisi cita-cita kemerdekaan 17Agustus 1945 adalah untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945. Untuk mencapai cita-cita kemerdekaan tersebut, pegawai Republik Indonesia bertekad mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) secara terus menerus serta berperan aktif dalam perjuangan mencapai tujuan nasional sebagaimana diamanatkan dalam pembukaan UUD 1945.

Untuk itu, pemberdayaan Korpri diarahkan pada terbangnya organisasi yang demokratis, mandiri, bebas, aktif, profesional, netral, produktif dan bertanggung jawab dengan lebih mengutamakan pada perlindungan serta kesejahteraan anggota di forum nasional maupun internasional.

Hal tersebut disampaikan Ketua DPK Korpri Kabupaten Asahan Sofian Yoga didampingi Sekretaris Suwage SE kepada SIB, Kamis (23/5), di kantor Korpri.

Sofian mengatakan, kemunculan korpri untuk membina dan menghimpun seluruh pegawai Republik Indonesia. Oleh karenanya, lanjutnya, Korpri Asahan harus mampu merespon berbagai tantangan pembangunan secara konstruktif.

"Korpri harus bisa menjalin kerjasama yang produktif dengan semua pemangku kepentingan pembangunan. Korpri yang handal juga harus mampu merespon berbagai tantangan pembangunan secara konstruktif, inovatif, kreatif dan efektif," ujarnya.

Ia menambahkan, bahwa Korpri juga harus menjadi penggerak reformasi birokrasi dalam rangka mewujudkan dan membantu menuntaskan visi misi Pemerintah Kabupaten Asahan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri.

"Korpri harus menjadi lokomotif penggerak reformasi birokrasi dalam pembangunan, khususnya di Kabupaten Asahan guna mewujudkan pemerintahan yang bersih, berwibawa, transparan, akuntabel dan partisipasif. Sehingga Korpri dapat membantu pemerintahan daerah mewujudkan dan menuntaskan program pembangunan yang religius, sehat, cerdas dan mandiri," sebutnya.

Selain itu, katanya lagi, sebagai organisasi yang mewadahi para Aparatur Sipil Negara (ASN) Korpri harus mampu melaksanakan tugas penting dan strategis yaitu sebagai Abdi Negara, Abdi Masyarakat dan Abdi Pemerintah.

Untuk itu, katanya, Korpri sebagai organisasi profesi yang dapat meningkatkan daya saing bangsa serta kehadirannya sebagai pelayan publik yang berkualitas dapat dibanggakan di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu, Korpri Asahan terus menumbuhkan semangat kebersamaan. Sebab, dengan semangat itu dapat menciptakan rasa senasib dan sepenanggungan sesama anggota Korpri. Hal itu berguna mendukung keberhasilan organisasi dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai penggerak roda pembangunan.

"Korpri harus mampu melaksanakan tugas penting dan strategis sebagai abdi Negara, abdi masyarakat dan abdi pemerintah. Hal itu guna peningkatan daya saing Korpri sebagai pelayan publik berkualitas yang dapat dibanggakan di tengah-tengah masyarakat. Selain itu, menjadi salah satu faktor pendukung keberhasilan organisasi dalam menjalankan peran dan fungsinya sebagai penggerak roda pembangunan," ungkapnya.

Disebutkannya, adapun beberapa program kegiatan telah dilaksanakan pada Sekretariat Korpri Kabupaten Asahan di antaranya, peningkatan Jiwa Korsa bagi PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Asahan, pelatihan kepemimpinan kesekretariatan Korpri unit kecamatan dan peningkatan pemahaman bacaan Al quran bagi anggota Korpri Pemerintah Kabupaten Asahan.

Ia juga menambahkan, bahwa dalam ajang Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Nasional di Provinsi Kalimantan Timur tahun 2017 lalu, Korpri Kabupaten Asahan mengirimkan peserta lomba atas nama Suhendro untuk bidang Kaligrafi Kontenporer. Saat itu Suhendro berhasil membawa harum nama baik Korpri dan Pemerintah Kabupaten Asahan dengan memperoleh juara II MTQ tingkat Nasional.

Saat ini, tambahnya, untuk meningkatkan rasa keimanan dan Ketaqwaan kepada Allah SWT serta mempererat rasa silahturahmi dan Ukhuwah Islamiyah sesama anggota, DPK Korpri Kabupaten Asahan secara rutin melaksanakan program kegiatan pengajian.

Ditambahkannya, Korpri Asahan secara rutin tetap melaksanakan kegiatan Porkab dan mengirimkan atlet berprestasi ke tingkat Provinsi dan Nasional. Sebab, selain untuk prestasi, anggota Korpri dituntut memiliki stamina dan kondisi tubuh yang sehat.

Tentunya, katanya, kondisi dapat dicapai melalui olahraga teratur, terukur dan berkesinambungan. Sehingga, terwujudnya jiwa yang sehat dan dapat meningkatkan produktivitas kerja dalam menjalankan roda birokrasi.

Disebutkannya, beberapa hak anggota Korpri Kabupaten Asahan di antaranya, mendapat bantuan pemakaman dan santunan sosial kemalangan bagi anggota/PNS aktif menggal dunia serta diberikan penghormatan usung jenazah, pemberian cinderamata dan penali asih bagi anggota Korpri yang memasuki masa pensiun (Purnabakti), pemberian bantuan sosial bagi anggota yang ditimpa musibah seperti, kebakaran, bencana alam juga diberikan pendampingan bantuan hukum dan advokasi bagi anggota Korpri aktif yang menghadapi masalah dan lainnya serta dapat menjadi anggota koperasi "Abdi Negara" Kabupaten Asahan.

Sementara itu, tambahnya lagi, kewajiban para Korpri/PNS Kabupaten Asahan yakni, setiap anggota wajib membayar iuran Korpri berdasarkan golongan sesuai dengan jabatan fungsional dan eselonering sesuai dengan rincian pembayaran.

"Korpri Asahan juga menjamin hak serta kewajiban kepada seluruh anggota. Oleh karenanya seluruh anggota Korpri Asahan dapat mengemban tugas dengan sebaik-baiknya sesuai tupoksinya masing-masing," pungkasnya. (Advertorial)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments