Jumat, 22 Nov 2019

Ketiga Kalinya BI Bantu Korban Erupsi Gunung Sinabung

Selasa, 11 Februari 2014 14:14 WIB
SIB/Ist
Lele Dalam Drum : Anggota dewan Gubernur Bank Indonesia Halim Alamsyah menabur ikan lele ke dalam drum yang secara simbolis diberikan pada korban erupsi gunung Sinabung dari desa Tanjung Pulo dan Tanjung Mbelang Kecamatan Tiganderket di Posko Media Center
Berastagi (SIB)- Bank Indonesia (BI)  menyalurkan bantuan  kepada petani korban erupsi gunung Sinabung, menyusul bantuan pertama  dan kedua dari Kantor Perwakilan BI Wilayah IX Sumut/Aceh masing-masing berupa  bibit tanaman untuk 103 hektar serta bantuan sandang dan pangan bulan Oktober dan Nopermber 2013.

Namun seiring dengan  masih berlanjutnya erupsi,maka bantuan  ketiga  kali dari Bank Indonesia Kantor Pusat  yang   difokuskan pada upaya pemulihan  psikologis dan produktivitas  dari korban erupsi melalui sejumlah kegiatan positif dan produksi berupa terapi trauma (trauma healing ) dan peningkatan  keterampilan  bagi kaum ibu,remaja dan kaum bapak.

Bantuan tersebut secara simbolois  diserahkan  langsung anggota Dewan Gubernur BI Bidang 3 Halim Alamsyah kepada 12 orang  perwakilan  pengungsi Tanjung Mbelang dan Tanjung Pulo  Kecamatan Tigaderket Kabupaten Karo  masing-masing berjumlah 123 kepala keluarga (KK) dan 229 KK  berupa hasil-hasil kerajinan dan ternak lele di Posko  Media Centre  di Kabanjahe,Sabtu siang (8/2).

Halim Alamsyah usai penyerahan itu mengatakan,bantuan tahap ketiga  difokuskan melalui pelaksanaan kegiatan positif dan produktif  yang diharapkan  dapat mengisi waktu luang dengan kegiatan  tersebut. 

Selain itu dapat memulihkan para  pengungsi  atas musibah erupsi Gunung Sinabung sehingga dapat memberikan alternatif  mata pencaharian  selain bertani.

Hal ini mengingat  lahan pertanian masih memerlukan waktu untuk dapat ditanami  kembali  sehingga ke depan kesejahteraan masyarakat semakin membaik.

“Saya yakin dengan kesabaran para pengungsi menghadapi musibah ini ada kebahagian di balik ini semua ke depan”,ujar Halim.
Kepala Kantor Perwakilan BI Wilayah IX Sumut/Aceh Hari Utomo didampingi  Kepala Bidang Divisi Ekonomi dan Moneter Mikael Budisatrio  mengatakan bantuan dari BI pusat bertujuan membangkitkan  kembali dan memotivasi semangat pengungsi yang kehilangan harapan untuk mata

pencahariannya.Kegiatan  yang dimulai  pertengahan Pebruari 2014 ini  dipandu oleh  narasumber Mahadibya Nurcahyo Chakrasana yang juga memberi motivasi sama bagi korban di gunung Merapi di Jogjakarta.

Usai acara penyerahan, sejumlah staf dari BI meninjau lahan tanaman bawang merah yang bibitnya diberikan BI Wilayah IX Sumut kepada para pengungsi Gunung Sinabung Oktober 2013 lalu. Hasilnya cukup baik dan akhir bulan ini sudah bisa dipanen.

Lokasi lahan ini radius  sekitar 5 Km dari Gunung Sinabung tersebut. (A3/c)

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments