Selasa, 10 Des 2019

Kesbangpol Sumut Sosialisasi Pencegahan Narkoba di Humbahas

redaksi Kamis, 14 November 2019 16:37 WIB
Sib/Doc
Sosialisasi: Peserta sosialisasi P4GN foto bersama mewakili bupati, Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Badan Kesbangpol Sumut Malentina Ginting, Selasa (12/11), di Humbahas.
Humbahas (SIB)
Badan Kesbangpol Sumut mengadakan sosialisasi pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap dan prekursor narkotika (P4GN), Selasa (12/11), di Humbahas.
Sosialisasi diikuti 100 peserta terdiri dari Aparatur Sipil Negara (ASN), tokoh agama, kepala desa, pengurus organisasi masyarakat, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda. Sosialisasi itu dibuka bupati diwakili Kepala Badan Kesbangpol Humbahas Tomson Hutasoit.
Kabid Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya Badan Kesbangpol Sumut, Malentina Ginting menjelaskan, narasumber dari BNNP Sumut, Kabid Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat, Tuangkus Harianja yang menyampaikan materi "Strategis Pemberdayaan Masyarakat dalam Upaya Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba di Lingkungan Masyarakat Kabupaten Humbahas".
Nara sumber lainnya, Kasat Narkoba Polres Humbahas Iptu Rissad Manalu, menyampaikan topik "Upaya Pemberantasan dan Tindak Pidana Peredaran Gelap Narkoba di Masyarakat sebagai Upaya Program P4GN sesuai UU No 35 Tahun 2009."
Dari sosialisasi itu, Kesbangpol Humbahas berkomitmen dan berkoordinasi dengan Bupati dan OPD Kabupaten Humbahas untuk bersama-sama fokus pada kegiatan P4GN di lingkungan organisasi maupun masyarakat.
Kesbangpol mengupayakan pada 2020, Pemkab Humbahas melakukan tes urin bagi seluruh ASN maupun pemerintahan desa.
BNNP Sumut bersedia memfasilitasi serta melakukan kegiatan Training Of Trainer (TOT) bagi masyarakat yang akan menjadi satuan kerja relawan pencegahan narkoba di lingkungan masyarakat.
BNNP Sumut bersama Kesbangpol juga akan menggandeng ormas dan LSM sebagai pegiat anti narkoba di lingkungan masyarakat. BNNP Sumut mengusulkan untuk perangkat desa melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat anti dan peduli terhadap pencegahan narkoba.
Polres Humbahas juga berkomitmen memberantas narkoba di lingkungan masyarakat dan menggandeng kepala desa, tokoh adat, tokoh agama, tokoh pemuda dapat berperan aktif dalam upaya persuasif serta informal terkait peredaran narkoba di lingkungan masyarakat. (rel/M12/d)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments