Senin, 21 Okt 2019

Kementerian PUPR dan Pemkab Labuhanbatu Luncurkan Program Pembangunaan Rumah Komunitas

admin Senin, 12 Agustus 2019 20:39 WIB
SIB/Usni Pili Panjaitan
SALAT : Wali Kota Tanjungbalai M Syahrial, Wakil Wali Kota Drs Ismail, bersama masyarakat menunaikan salat Idul Adha 1440 H, Minggu (11/8) di lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah
Rantauprapat (SIB) -Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu meluncurkan program pembangunan rumah komunitas. Tahap awal akan dibangun rumah komunitas guru honorer anggota Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) di Dusun Firdaus Desa Linggatiga Kecamatan Bilah Hulu.

"Program ini merupakan inovasi luar biasa. Semoga nantinya rumah tersebut dapat menjadi lingkungan baru bagian dari Labuhanbatu dan hunian sehat bagi masyarakat yang menerimanya," sebut Pelaksana tugas (Plt) Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunte saat menyampaikan sambutan pada sosialisasi pembangunan rumah baru berbasis komunitas, Jumat (9/8), di Ruang Data dan Karya Kantor Bupati Jalan Sisingamangaraja Rantauprapat.

Andi Suhaimi menyebut penerima rumah hanya membayar angsuran Rp513.000 sebulan selama 60 bulan atau 5 tahun.
"Ini adalah perumahan termurah," ujar Andi.

Dia menginginkan peserta program tersebut nantinya tinggal di rumah baru itu dan tidak disewakan atau dikosongkan.

Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Pemkab Labuhanbatu, Hj Mahdalena Siregar menjelaskan program ini merupakan program pemerintah pusat dari Kementerian PUPR.

Program berupa bantuan stimulan sebesar Rp35 juta, dengan rincian Rp30 juta untuk bahan konstruksi bangunan dan Rp5 juta untuk upah tukang.

"Setiap calon penerima bantuan, wajib berswadaya dalam pelaksanaannya," katanya.

Pimpinan cabang PT Bank Sumut Rantauprapat H Sujendi memaparkan tentang pemberian kredit mikro dalam acara sosialisasi tersebut. (BR6/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments