Minggu, 21 Jul 2019

Kemarau Panjang, Petani Jagung di Tiga Binanga Tunda Penanaman

Sabtu, 25 Agustus 2018 22:52 WIB
SIB/Mitcha Sebayang
KERING : Dampak kemarau yang berkepanjangan di wilayah Kecamatan Tiga Binanga, Karo lahan pertanian yang semula sudah dibersihkan dan dibajak mulai keras dan kering. Foto dipetik, Jumat (24/8).
Tanah Karo (SIB)  -Kemarau yang berkepanjangan di Tanah Karo, khususnya wilayah Kecamatan Tigabinanga membuat musim tanam jagung yang semestinya pertengahan Agustus 2018 jadi tertunda. 

Hal tersebut disampaikan sejumlah petani jagung di wilayah Kecamatan Tiga Binanga, Tambang Keloko, Alimta Ginting, Bahagia Sebayang, Bell Sebayang dan Jengok br Sebayang, kepada SIB, Jumat (24/8) di Tigabinanga.

Menurut mereka, dampak tertundanya musim tanam akibat kemarau yang berkepanjangan tersebut, lahan pertanian yang semula sudah dibersihkan dan telah siap dibajak mulai keras dan kering.

Dikatakan Tambang Keloko,  Kecamatan Tigabinanga yang merupakah salah satu lumbung produksi jagung di Karo, dengan luas ribuan hektar ini diperkirakan kualitas dan kuantitas produksi musim panen mendatang akan menurun. "Saat ini, petani tidak bisa berbuat apa-apa. Kecuali turun hujan, petani akan ramai menanam jagung," katanya.

Lebih lanjut dikatakannya, kendala lain bagi sejumlah petani saat melakukan penanaman pada musim tanam nanti bila hujan mulai turun, faktornya yakni tenaga kerja. "Bayangkan kalau serentak melakukan penanaman, tenaga buruh sangat sulit untuk didapat. Karena semua petani yang memiliki lahan pertanian secara serentak melakukan penanaman," ujarnya.

Pantauan SIB,  di sejumlah perladangan jagung di seputaran Kecamatan Tiga Binanga, seperti  Desa Kuala, Simpang Gunung,  Kem-Kem, Lau Kapor, Simolap, Pertumbuken, Perbesi, Suka Julu dan Kuta Mbaru Punti, terlihat lahan pertanian yang semula sudah dibersihkan dan dibajak mulai keras dan kering.

Akibat kemarau ini, membuat nasib petani jagung di Kecamatan Tigabinanga terlihat sangat menderita dan terancam terlambat untuk menanam karena menunggu curah hujan turun. (B03/f)
T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments