Selasa, 17 Sep 2019

Kadis Pertanian Simalungun: Jagung Menjadi Salah Satu Komoditi Perhatian Pemerintah

admin Kamis, 12 September 2019 12:10 WIB
SIB/Bambang J Sitanggang
HIO: Camat Kecamatan Raya Justina Purba ketika memberikan "hio" kepada Direktur Utama Syngenta Parveen Khaturia disela-sela kegiatan expo jagung hibrida varietas NK 6232 di Pamatang Raya, Rabu (11/9).
Simalungun (SIB) -Salah satu komoditi yang menjadi upaya penanganan khusus pemerintah selama lima tahun terakhir salah satunya adalah jagung.
Dimana, pemerintah berupaya memberikan bantuan benih unggul untuk meningkatkan produksi petani guna mencapai swasembada jagung secara nasional.

Kadis Pertanian Kabupaten Simalungun, Ruslan Sitepu menyampaikan hal tersebut dalam sambutannya dibacakan Kabid Tanaman Pangan, Elfrida Panjaitan pada Expo jagung hibrida varietas NK 6232 di Pamatang Raya, Rabu (11/9).

Hadir pada acara tersebut Camat Kecamatan Raya Justina Purba bersama staf, para kelompok tani, Ketua KTNA Simalungun Moses Pasaribu dan undangan lainnya.

Lebih lanjut disampaikan Sitepu, bahwa jagung merupakan salah satu komoditas penting bagi Indonesia. Jagung sebagai salah satu komoditas pangan utama yang diprioritaskan untuk dikembangkan.

Hal ini karena selama bertahun-tahun sebelumnya Indonesia terus mengandalkan impor jagung untuk memenuhi kekurangan produksi jagung dalam negeri.

Sehubungan dengan upaya peningkatan produksi, dalam upaya mendukung ketahanan pangan, maka di Kabupaten Simalungun, maka pada kegiatan Expo dapat disaksikan bahwa jagung hibrida varietas NK 6232 sudah dilakukan percobaan berupa demplot di beberapa kecamatan yang produksinya mencapai 7,5 ton per hektare.

Dengan produksi yang dicapai tersebut, diharapkan mampu mendukung peningkatan produksi petani jagung, sekaligus mendukung percepatan swasembada jagung.

Oleh karenanya pihaknya berharap kepada para petani jagung menjadi petani yang handal dalam menghasilkan produksi yang tinggi dan berkualitas, harap Sitepu.

Sementara itu Direktur Utama Syngenta Parveen Khaturia dalam sambutannya menyambut baik dilaksanakannya kegiatan expo ini.
Menurutnya, pihaknya sudah melahirkan benih unggul yang disesuaikan dengan kondisi geografi dan keinginan petani, ujarnya. (S01/t
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments