Minggu, 19 Jan 2020

KPUD dan Bawaslu P Siantar Selenggarakan Bimtek Putung dan Rekap Suara

admin Kamis, 21 Maret 2019 16:19 WIB
Pematangsiantar (SIB)- KPUD dan Bawaslu Kota Pematangsiantar berkoordinasi selenggarakan Bimtek "putung dan rekapitulasi suara" diikuti 40 orang PPK dan 24 Panwascam pekan lalu di Hotel Sapadia. Bimtek putung (pemungutan dan penghitungan) suara demi kesiapan seluruh PPK melaksanakan tugas inti.

Hal itu diutarakan Gina Ginting Komisioner Divisi Teknis Penyelenggara KPUD Pematangsiantar ketika dihubungi SIB di ruang kerjanya, Rabu (20/3). Bimtek (bimbingan teknis) selama dua hari disampaikan Batara Manurung Komisioner KPUD Provinsi Sumut, Daniel MD Sibarani, Gina Ginting, Benny Panjaitan dari KPUD Pematangsiantar, Sepriandison Saragih dan Syahpii Siregar dari Bawaslu Pematangsiantar.

Gina Ginting menjelaskan, tujuan Bimtek untuk membekali dan mematangkan metode kerja PPK dan Panwascam tahap pemungutan dan penghitungan suara Pemilu serentak 17 April 2019 mendatang. Koordinasi PPK, PPS, KPPS dan Panwascam (kecamatan) untuk kelancaran tugas mensukseskan Pemilu.
Dikemukakan, pembekalan tugas dan pengetahuan dari sejumlah narasumber diwarnai pertanyaan dari peserta Bimtek. Apalagi menyangkut tentang surat suara sah atau tidak. Hal ini sangat prinsipil bagi peserta Bimtek, agar satu bahasa jika mengambil suatu keputusan, urai Gina Ginting.

Selama mengikuti Bimtek, narasumber memberi bekal soal kode etik oleh Benny Panjaitan, pemungutan dan penghitungan suara oleh Batara Manurung, metode distribusi logistik Pemilu oleh Daniel MD Sibarani, metode rekapitulasi perolehan suara oleh Gina Ginting, Sepriandison Saragih mempertegas sanksi tugas. (D01/h)
Editor: admin

T#gs
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments