Selasa, 21 Mei 2019

KPU Tanjungbalai Gelar Pelayanan Pers Publikasi Kinerja Jelang Pemilu 2019

* DPT Tanjungbalai Berjumlah 113.920 Jiwa
admin Kamis, 14 Maret 2019 16:31 WIB
SIB/Regen Silaban
PAPARAN: Ketua KPU Tanjungbalai Luhut Parlinggoman Siahaan memaparkan capaian kinerja menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang dalam kegiatan pelayanan pers dan publikasi informasi bersama para wartawan di Grand Singgie Hotel, Rabu (13/3).
Tanjungbalai (SIB) -KPU Kota Tanjungbalai menggelar kegiatan pelayanan pers dan publikasi informasi Pemilihan Umum tahun 2019 di Grand Singgie Hotel, Rabu (13/3) sore, bersama para wartawan dari berbagai media, baik media cetak, elektronik dan Radio yang ada di daerah tersebut.

Dalam kegiatan yang dipimpin Ketua KPU Luhut Parlinggoman Siahaan bersama para komisioner KPU lainnya memaparkan capaian kinerja yang telah dilaksanakan dalam menjelang Pemilu 17 April 2019 mendatang di antaranya dari berbagai divisi seperti perencanaan data pemilih, logistik, informasi, teknis, sosialisasi, SDM dan tingkat partisipasi masyarakat.

"Tujuan kegiatan ini adalah kami ingin menyampaikan serta mempublikasikan capaian yang sudah dikerjakan KPU Tanjungbalai dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini. Hal itu juga mengingat bahwa pelaksanaan Pemilu kali ini tergolong rumit karena pemilih harus memilih 5 kertas surat suara yaitu Capres, DPR RI, DPD RI, DPRD TK I dan DPRD TK II," ucap Luhut.

Oleh karena itu, diharapkannya melalui publikasi media dapat membantu pihaknya untuk menyampaikan capaian serta pesan pesan KPU ke masyarakat agar dapat meningkatkan partisipasi masyarakat untuk memilih dan menjadi pemilih aktif.

Selain itu, Gustan Pasaribu selaku Koordinator Divisi Sosialisasi juga menjelaskan beberapa program yang telah dilaksanakan untuk meningkatkan partisifasi masyarakat dalam Pemilu kali ini seperti, pelaksanaan sosialisasi pelaksanaan Pemilu ke pemilih Disabilitas, perempuan dan pemilih pemula hingga ke sekolah-sekolah dan kampus yang ada di daerah tersebut.

"Kita sudah lakukan berbagai persiapan mulai dari Sekmen sosialisasi dan pendidikan serta teknis tentang pelaksanaan Pemilu ke masyarakat. Hal itu bertujuan agar pelaksanaan pesta demokrasi tahun ini sukses. Karena kita punya target 78% partisipasi masyarakat untuk memilih dalam Pemilu tahun ini," ucap Gustan.

Sementara itu, Kordinator Divisi perencanaan data dan informasi Bob Friandy dalam kesempatan itu memaparkan jumlah pemilih tetap yang terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap Hasil Perubahan (DPTHP) 2 Pemilu 2019 sesuai rekapitulasi tertanggal 9 Desember 2018 berjumlah 113.920 jiwa. Sementara Daftar Pemilih Tetap Tambahan (DPTB) tahap I sesuai Pleno tertanggal 17 Februari 2019 berjumlah 152 jiwa untuk pemilih masuk dan 180 jiwa untuk pemilih pindah.

"Dalam data Pemilu itu terdiri dari DPT, Daftar Pemilih Khusus (DPK) yang menggunakan E-KTP dan DPTB. Untuk jumlah DPTHP 2 itu sudah fiks, namun untuk DPTB diperpanjang hingga Tahap II batas waktu tanggal 17 Maret 2019 mendatang," ujar Bob Friandy.

Dalam kegiatan itu juga dirangkai dengan diskusi, tanya jawab dari para awak media dan diakhiri dengan sesi foto bersama sembari menyatakan sikap untuk bersama sama mensukseskan Pemilu 2019 yang aman dan damai. (E09/BR5/h)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments