Rabu, 18 Sep 2019

Juan Zebua Ingin Ziarah ke Makam Anak Ketua DPRD Nisut Dihalangi OTK

admin Kamis, 12 September 2019 12:37 WIB
SIB/Dok
BERI KETERANGAN: Juan (kiri) didampingi abang ipar Karya Bate'e memberi keterangan soal larangan ziarah serta klarifikasi berita berita menyudutkannya, Selasa (10/9)
Gunungsitoli (SIB) -Juan Zebua (19) warga Kota Gunungsitoli, pelajar salah satu SMA kecewa dengan sikap oknum warga (OTK) yang melarangnya ziarah ke makam almarhum sahabatnya Jimmy Harefa, anak Eks ketua KPU Nias Utara (Nisut) yang tewas dalam kasus pencurian dengan kekerasan di Gunungsitoli baru baru ini.

Juan didampingi kakak iparnya Karya Bate'e, Selasa (11/9) kepada sejumlah wartawan menjelaskan, pada Minggu (8/9), ia berkunjung ke rumah temannya Kristian Daeli di Lahewa Nisut. Mereka sepakat bertemu di pantai Tureloto.

Puas bercengkerama, mereka sepakat kembali ke Kota Gunungsitoli. Saat mengisi bahan bakar sepeda motor di SPBU Lahewa, niat berubah. Mereka merencanakan ziarah ke makam mendiang sahabatnya, Jimmy Harefa yang tewas bulan lalu.

Juan bersama teman boncengannya melaju menggunakan motor trail, sementara Kristian agak tertinggal karena menggunakan motor matic. Tiba di lokasi, Juan langsung menuju makam, namun tiba-tiba ada seorang warga yang tidak dikenal melarang. "Saya pun menghubungi sepupu almarhum bernama Tiara untuk meminta izin, namun memang tidak diizinkan sehingga kami meninggalkan lokasi," urai Juan.

Ketika mereka bergerak menuju kota, kata Juan, ada sepedamotor yang mengikuti sehingga mempercepat laju. Saat tiba di Desa Awa'ai, dua orang OTK lainnya berdiri di tengah jalan merentangkan tangan untuk menghentikan mereka. Merasa terancam, Juan mengambil ancang-ancang menerobos OTK dari arah samping, mereka pun dapat meloloskan diri meski bagian helm sempat terkena pukulan.

Sementara Karya Bate'e menimpali, klarifikasi yang dilakukan untuk meluruskan berita simpang siur tentang kedatangan adiknya ke makam mendiang sahabat. "Setelah kami telusuri, OTK yang menghadang Juan masuk rumah sakit karena cidera. Kita tidak tahu penyebab pasti. Kami juga akan menjenguk dan menyantuni," jelasnya.

Ia mengatakan, banyak masyarakat yang menghubung-hubungkan Juan dengan tewasnya Jimmy, padahal menurutnya mereka sahabat karib. Karya meminta keluarga jangan terprovokasi isu yang tidak berdasar, apalagi adiknya kini tertekan dengan tudingan miring. (BR9/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments