Rabu, 16 Okt 2019

Jelang Pemilu, Kehadiran Wakil Rakyat di Gedung DPRD Simalungun Menurun

admin Jumat, 15 Maret 2019 12:40 WIB
SIB/Jheslin M Girsang
SEPI: Komplek Gedung DPRD Simalungun di Pamatangraya tampak sepi, Kamis (14/3) sekira pukul 10.00 WIB.
Simalungun (SIB) -Kehadiran wakil rakyat di gedung DPRD Simalungun semakin menurun menjelang Pemilu 2019. Fenomena itu menyita perhatian sejumlah warga.

Demikian diutarakan Drs Rikanson Jutamardi Purba Ak, pendiri Koalisi Rakyat untuk Siantar-Simalungun Sejahtera (KoRaSSS) di Pamatangraya, Kamis (14/3).

"Jika tidak hadir di gedung dewan, bagaimana memperjuangkan aspirasi rakyat. DPRD sepertinya lebih memikirkan kekuasaan ketimbang memikirkan rakyat," ungkapnya.

Sebagaimana diketahui, komplek perkantoran wakil rakyat itu belakangan ini kerap sepi. Anggota dewan jarang terlihat. Hanya saja, pegawai Sekretariat DPRD cukup banyak yang masuk kantor.

Menurutnya, mayoritas anggota DPRD Simalungun kembali mencalonkan diri sebagai calon legislatif (caleg), sehingga diduga lebih fokus berkampanye ketimbang masuk kantor.

"Bukan itu saja, tingkat kehadiran pada masa-masa sidang selama ini pun sangat rendah. Sering terjadi, rapat-rapat tertunda karena tidak korum. Sejumlah anggota DPRD malah ada yang dipanggil dari ladangnya untuk ikut rapat," urai Jutamardi.

Ia menambahkan, rakyat harus pintar memilih anggota DPRD. Khusus untuk calon petahana, patut dilihat track record-nya, begitu pula tingkat kehadirannya di rapat-rapat Dewan.

Sekretaris DPRD Simalungun SML Simangunsong saat dikonfirmasi SIB, mengakui komplek gedung DPRD Simalungun belakangan ini kerap sepi. Namun ia menjelaskan bahwa anggota Dewan tidak masuk kantor bukan karena berkampanye.

"Mereka (anggota DPRD Simalungun) rata-rata kunjungan kerja. Ada yang ke Bogor dan Jakarta. Baru semalam, ada yang pulang. Jadi, bukan berkampanye," ujarnya.

Menurutnya, belum ada agenda rapat di DPRD Simalungun. (D05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments