Senin, 22 Jul 2019

Jelang Ajaran Baru, Warga "Maronan Tombis" Belanja Perlengkapan Sekolah di Pasar Tarutung

admin Minggu, 14 Juli 2019 16:27 WIB
SIB/Anwar Lubis
BELANJA: Terlihat para pembeli sedang berbelanja peralatan sekolah di Pasar Tarutung sambil "maronan tombis", Sabtu (13/7).
Tapanuli Utara (SIB) -Menjelang tahun ajaran baru 2019/2020, warga Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Sabtu, (13/7), menyerbu pedagang untuk memenuhi perlengkapan sekolah di Pasar Tarutung yang disebut ungkapan dalam bahasa Batak Toba "maronan tombis". Warga berburu pedagang buku tulis, baju seragam sekolah dan perlengkapan lainnya.

Berdasarkan pantauan SIB pukul 15.00 WIB, sejumlah warga di Pasar Tarutung sambil "maronan tombis" dan sambil sikut-sikut karena sesaknya pengunjung pasar. Pengunjung pasar tidak hanya berbelanja peralatan sekolah. Namun, bapak-bapak juga ikut ke pasar. Mereka hanya jalan-jalan di seputaran pasar sambil minum di kedai.

Begitu juga dengan ibu rumah tangga, mereka tidak hanya membeli perlengkapan sekolah. Para ibu juga datang belanja persediaan gulamo (ikan asin), sira (garam), minyak tanah dan lainnya. Guna mengantisipasi banyaknya pengunjung dan lonjakan harga, mereka mengaku sudah menunggu di depan kios sebelum kios buka.

Salah seorang pembeli, Renta mengatakan, ia bersama anaknya sengaja datang ke pasar membeli peralatan sekolah untuk anaknya yang baru masuk Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP). "Kalau di pasar ini harganya terjangkau dan tidak terlalu mahal, kalau di toko mahal. Saya sudah dari subuh tadi menunggu pedagang agar bisa tenang dan tidak berdesak-desakan," katanya kepada SIB.

Sementara, datangnya tahun ajaran baru atau masuk sekolah membuat untung tersendiri karena omzet pedagang meningkat hingga puluhan juta rupiah. "Untuk hari pekan ini, bisa menjual buku tulis ratusan pak. Naiklah sekitar 3 kali lipat, ya puji Tuhan menjelang hari pertama masuk sekolah hasil penjualan meningkat hingga 3 kali lipat dari hari normal," ungkap pedagang bermarga Simamora.

Seperti diketahui, berdasarkan kalender sekolah tahun ajaran baru 2019/2020, hari pertama masuk sekolah jatuh pada Senin, (15/7). (G01/t)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments