Jumat, 18 Okt 2019

Japirin Sihotang Optimis Desa Bangun Masuk Desa Terbaik se-Sumut

admin Jumat, 31 Mei 2019 10:46 WIB
SIB/Dok
Kepala Desa Bangun Japirin Sihotang
Sidikalang (SIB) -Desa Bangun Kecamatan Parbuluan menjadi desa terbaik se Kabupaten Dairi tahun 2019, dan berhak mengikuti perlombaan desa terbaik tingkat Provinsi Sumatera Utara.

Hal itu disampaikan Kepala Desa Bangun, Japirin Sihotang, Rabu (29/5) di Sidikalang. Desa Bangun terpilih menjadi desa terbaik se Kabupaten Dairi dari 161 desa. Desa Bangun terpilih karena pengadministrasian dan perkembangan, badan usaha milik desa (BUMDes), produk unggulan. Penilaian yang dilakukan adalah pengadministrasian desa tahun 2017-2018. "Pengadministrasian desa Bangun sudah cukup bagus, sehingga bisa terbaik tingkat kabupaten," ucapnya.

Desa Bangun memiliki produk unggulan yaitu kopi. Salah satu bidang BUMDes yaitu industri rumah tangga yakni pengolahan biji kopi menjadi bubuk. Untuk pemasaran, kata Japirin, membutuhkan sertifikat halal dan hal itu sedang dalam proses penjajakan untuk pengurusan. Selain pengolahan biji kopi, BUMDes juga bergerak pada bidang penyediaan air bersih dan simpan pinjam.

Dikatakannya, tim supervisi dari provinsi sudah datang ke Desa Bangun. Ada beberapa hal yang harus diperbaiki, tetapi dari supervisi itu, tetap optimis meraih masuk tiga besar desa terbaik se- Sumatera Utara (Sumut).

Lebih lanjut Japirin mengatakan, disamping bidang lain, pengelolaan lembaga desa seperti lembaga pemberdayaan masyarakat (LPM), pemberdayaan kesejahteraan keluarga (PKK), Karang Taruna, sudah dijalankan dengan baik. "Lembaga desa itu aktif dalam berbagai kegiatan di desa," ucapnya.

Desa terbaik se-Sumut akan diumumkan pada peringatan Hari Kemerdekaan, 17 Agustus mendatang. Setiap desa mewakili kabupaten/kota akan diundang sekaligus mengikuti upacara.

Sebagai desa terbaik tingkat kabupaten, lanjut Japirin, Desa Bangun mendapat tambahan pendapatan desa sekitar 30 juta. Dan hal itu bisa digunakan untuk pembangunan desa yang di poskan pada perubahan anggaran desa. (K05/f)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments