Selasa, 20 Agu 2019

Jalan di Desa Sionom Hudon Parlilitan Sangat Memprihatinkan

* Listrik Belum Masuk ke Beberapa Dusun * Sekda : Tahun Ini Pengerasan Seluruh Jalan di Sionom Hudon
Sabtu, 08 Februari 2014 14:18 WIB
SIB/Frans Simanjuntak
JALAN SETAPAK : Anggota DPD-RI, Parlindungan Purba SH MH (tengah) didampingi Kadis Tata Ruang dan Pemukiman Humbahas, Ir Rockefeller Simamora dan Drs Aslin Simamora ketika melalui jalan setapak ke lokasi Makam Raja Sisingamangaraja XII, di Dusun Siandis-S
Humbahas (SIB)- Kondisi Jalan Desa Sionom Hudon Sibulbulon Kecamatan Parlilitan Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas)  sangat memprihatinkan. Bahkan beberapa  dusun belum dapat dijangkau dengan kenderaan roda empat.

Pantauan SIB Rabu (5/2), di sepanjang jalan dusun yang menjadi pusat ekspansi perjuangan Raja Sisingamangaraja XII itu saat ini terdapat kerusakan di sejumlah titik berupa lobang-lobang kecil dan besar yang sangat membahayakan pengguna jalan.

Selain itu juga, fasilitas penerangan listrik hingga kini belum juga masuk ke beberapa dusun di desa tersebut. Padahal  kawasan tersebut sangat kaya akan hasil buminya. Contohnya getah kemenyan dan hasil tanaman lainnya.

“Jangankan listrik, pembangunan jalan ke desa kami ini baru tahun lalu dilaksanakan. Itupun hanya sebatas pengerasan pada sebagian jalan saja. Selebihnya masih sebatas jalan setapak.

Kalau dulu, sama sekali tidak bisa dimasuki oleh kendaraan. Jadi kami sangat berharap pembangunannya tahun ini dilanjutkan, kalau bisa jalan yang sudah mendapat pengerasan itu supaya diaspal untuk mendukung perekonomian warga di sini,” harap warga desa di antaranya bermarga Tumanggor, Tinambunan.

Menanggapi hal itu, Bupati Humbahas melalui Sekretaris Daerah, Saul Situmorang MSi kepada wartawan mengatakan, saat ini Pemkab sedang mengupayakan pembenahan kawasan dusun-dusun di sejumlah kecamatan yang ada di Humbahas.

Pembenahan tersebut meliputi pembukaan askes serta pemasangan fasilitas pendukung. Dan terkusus untuk kawasan dusun-dusun di Desa Sionom Hudon Sibulbulon, Pemkab Humbahas tahun ini akan mengupayakan pengerasan seluruh akses jalan, dan untuk tahun anggaran selanjutnya akan disiapkan dana untuk pengaspalannya.

“Kalau untuk tahun ini kita menggiring dana dari PNPM Mandiri pariwisata untuk pembangunan di sana. Selain itu, dari dana APBD tahun lalu, kita sudah menuntaskan pemasangan jembatan di dua sungai yang selama ini menjadi lintasan menuju dusun tersebut,” jelasnya.

Sementara itu, anggota DPD-RI Parlindungan Purba SH MH yang saat itu melakukan kunjungan kerja sekaligus ziarah ke Makam Pahlawan Raja Sisingamangaraja ke-XII menyampaikan, pembangunan di Kabupaten Humbahas saat ini sudah cukup maju.

Namun masih perlu untuk pembenahan di beberapa daerah. Sementara untuk desa-desa yang belum teraliri listrik, dia berjanji akan segera mengunjungi dan membantu dengan membawa pihak Pembangkit Listrik Negara (PLN) ke desa-desa tersebut.

“Dalam waktu dekat saya akan meminta masukan dari bupati di mana-mana saja desa-desa yang belum ada listriknya. Saya akan bawa pihak PLN ke daerah itu,” kata Parlindungan.(F5/ r)






T#gs Humbahas
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments