Sabtu, 23 Nov 2019

Jalan Rusak 80 Km Lebih di 8 Desa Kecamatan Tanah Pinem

* PUPR Dairi Tahun 2020 Alokasikan Perbaikan Jalan 2,5 Km
admin Senin, 07 Oktober 2019 13:13 WIB
SIB/Dok
Sidikalang (SIB) -Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Dairi Frianto Naibaho menegaskan, Dinas PUPR tahun 2020 mengalokasikan anggaran pembangunan ruas jalan Rp 1,54 miliar di Kecamatan Tanah Pinem Dairi.

Hal itu disampaikan Frianto Naibaho, Sabtu (5/10) di Sidikalang. Anggaran itu untuk pembangunan jalan dengan konstruksi lapisan penetrasi makadam (Lapem) yakni dari Simpang Pamah- Lau Paski sepanjang satu kilo meter, Lau Paski- Simpang Mangan Molih sepanjang 0,5 Km, Namosanggar- Lau Njuhar sepajang 0,5 Km, Simpang Mangan Molih- Batas Kabupaten Karo sepanjang 0,5 Km.

"Tahun 2020 kita mengusulkan pembangunan jalan di lokasi itu sepanjang 2,5 Km dengan asumsi konstruksi Lapem," ucapnya.
Tahun 2019, pembangunan jalan di daerah itu hanya sepanjang 1 Km, yaitu ruas Simpang Pamah- Lau Paski dengan pagu anggaran Rp 560 juta.

Diakuinya, kondisi jalan di Desa Pamah, Pasir Mbelang, Pasir Tengah, Mangan Molih, Lau Njuhar, Alur Subur, Liang Jering, Renun rusak. Namun keterbatasan anggaran pembangunan jalan di lokasi itu dilakukan secara bertahap. Selain PUPR, kata Frianto, BPBD Dairi juga ada mengalokasikan perbaikan jalan di sana.

Berita sebelumnya, Ketua Fraksi Hanura DPRD Dairi Osman Sihombing menuturkan, ada sekitar delapan desa mengalami kondisi jalan yang sangat buruk di Kecamatan Tanah Pinem yaitu Desa Pamah, Pasir Mbelang Pasir Tengah, Mangan Molih, Lau Njuhar, Alur Subur, Liang Jering, Renun. Akses itu terdiri dari beberapa ruas, yang saling berhubungan.

"Bila ditotal panjang jalan yang sudah rusak di daerah itu sekitar 80 Km lebih," ucapnya.

Lanjutnya, kondisi jalan di daerah itu sangat memprihatinkan. Bahkan ada beberapa ruas jalan belum pernah diaspal. Keluhan warga terkait kerusakan itu sudah lama. (K05/q)
T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments