Senin, 24 Feb 2020
Banner Menu
Detail Utama 1

Jalan Desa Rawang Baru Rusak, Butuh Perbaikan

Jumat, 14 Februari 2020 19:57 WIB
Foto SIB/Donal Tampubolon

Dampak jalan rusak, aktivitas menjadi terganggu. Warga desa Rawang Baru Kec Rawang Panca Arga, Asahan mengharapkan Pemkab Asahan  memperbaiki sarana infrastruktur jalan, Kamis (13/2).

Kisaran (SIB)
Jalan utama di Desa Rawang Baru Kec Rawang Panca Arga, Asahan saat ini sangat memprihatinkan. Nyaris disepanjang jalan mulai dari gapura perbatasan Desa Rawang pasar IV hingga menuju Desa Bangun Sari Kecamatan Silolaut banyak terdapat lubang besar dan kecil. Padahal, jalan tersebut merupakan akses penghubung antar desa antar kecamatan.

Mila, Kaur Desa Rawang Baru kepada SIB, Kamis (13/2) menutur kan, kondisi itu sudah terjadi 5 tahun silam dan sampai sekarang tidak ada perbaikan sama sekali. Perlu diketahui, sambung Mila, akses jalan tersebut merupakan sarana utama bagi warga untuk beraktivitas setiap hari, baik bertani, ke dusun atau ke desa lain, kantor kecamatan dan sebagainya, ucap ibu 2 anak itu.

Diterangkan, Kecamatan Rawang Panca Arga memiliki 7 desa. Dari 7 desa itu, Desa Rawang Baru termasuk yang terluas memiliki luas lahan 1.454 Ha, 556 KK serta 2.079 jumlah penduduk namun minim sarana pembangunan infrastruktur. Kerusakan terparah terdapat di Dusun VII, VIII, XIII, IV hingga desa perbatasan Bangunsari Silo laut. Bila turun hujan kondisi jalan di 4 dusun bagai kubangan kerbau, warga enggan keluar rumah atau beraktivitas.

Disinggung, apakah tidak ada perbaikan di 4 dusun itu dari Pemkab Asahan, Kaur menjawab, memang ada, kalau tidak salah tahun 2012 atau 2013, hanya sekali, setelah itu tidak ada. Bahkan setiap musrembang desa, usulan perbaikan/pembangunan tetap diajukan, akan tetapi usulan yang mereka ajukan tidak pernah gol, keluh Mila.

Hal senada dikatakan Maringan Harianja. Menurutnya, warga sudah bosan dengan janji-janji pejabat. Sejak Alm Buya Bupati Asahan untuk periode kedua maupun yang menggantikannya, kondisi jalan di desa mereka tetap sama, memprihatinkan.

Coba perhatikan, ujar Maringan sambil menunjuk kearah jalan, dari gapura perbatasan Desa Rawang pasar VI sudah terdapat lubang besar dan kecil hingga menuju dusun IV perbatasan Desa Bangun Sari Silolaut. Kalau hujan lebat tiba, warga sangat kesulitan untuk beraktivitas karena ruas jalan tergenang air, selain itu ruas jalan juga menjadi licin. Bila kondisi seperti itu, warga yang akan beraktivitas menjadi terganggu, warga memilih berdiam diri di rumah, ujar Maringan menerangkan. (A04/c)

T#gs
Berita Terkait
Komentar
Komentar
Silakan Login untuk memberikan komentar.
FB Comments